Agar Tak Ada Penolakan Lagi, Edaran Keterangan Vaksin MR Dikirim ke Sekolah

15 days ago
Posted by news
13 views
Agar Tak Ada Penolakan Lagi, Edaran Keterangan Vaksin MR Dikirim ke Sekolah


Jakarta, Bulan Agustus hingga September 2017 ini pemerintah melakukan vaksinasi MR (Measles Rubella) massal untuk anak-anak sekolah. Namun belakangan diketahui ada sekolah yang menolak seperti misalnya delapan sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut laporan sebagian sekolah tersebut menolak karena ragu dengan kehalalan vaksin. Menanggapinya Dinas Kesehatan DIY pun bergerak melakukan komunikasi kepada sekolah terkait.

Di pusat, Kementerian Kesehatan juga telah berusaha bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar kejadian serupa tidak terulang. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr H. M. Subuh, MPPM, mengatakan surat keterangan vaksin MR sudah diedarkan ke sekolah-sekolah.

"Di DKI Jakarta Dinas Pendidikan sudah mendukung pelaksanaan imunisasi ini. Salah satu bentuk dukungannya itu kami memberikan surat edaran agar seluruh sekolah yang ada di DKI Jakarta, seluruh komunitasnya, agar mendukung kegiatan ini," kata Subuh kepada detikHealth ketika ditemui di SMPN 103, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (2/8/2017).

Mengenai kehalalan vaksin MR Subuh mengatakan tidak perlu diragukan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri tidak mempermasalahkannya dan untuk sertifikasi halal vaksin sudah diajukan.

"Enggak ada masalah. MUI juga kan sudah menyatakan bahwa ini tidak ada masalah... Dari dinas kesehatan sudah (mengajukan sertifikasi -red) dari menteri juga sudah kok," pungkas Subuh.

(fds/up)

Source :
health.detik.com