Alasan Kenapa Pedasnya Wasabi Bisa Lebih 'Mencolok' dari Cabai

5 months ago
Posted by news
80 views
Alasan Kenapa Pedasnya Wasabi Bisa Lebih 'Mencolok' dari Cabai


Jakarta, Wasabi adalah pasta yang terbuat dari tanaman sejenis lobak (Wasabia Japonica) dan biasa dipakai sebagai pengganti sambal di Jepang karena rasanya yang pedas. Hanya saja berbeda dari cabai, pedasnya wasabi bisa terasa begitu mencolok. Mengapa demikian?

Koresponden sains untuk National Public Radio (NPR), Joe Palca, menjelaskan hal itu terjadi karena wasabi memiliki senyawa kimia pemicu pedas yang berbeda dari cabai. Pada wasabi terdapat senyawa bernama allyl isothiocyanate sementara senyawa pada cabai adalah capsaicin.

Senyawa isothiocyanate sendiri sifatnya jauh lebih volatil dari capsaicin. Oleh karena itu ketika seseorang mengonsumsi wasabi isothiocyanate bisa lebih mudah menjadi gas dan merambat hingga ke sinus di belakang mulut dan rongga hidung di mana terdapat saraf-saraf sensoris yang sensitif.



"Ada reseptor bernama TRPA1 di luar sel-sel saraf. Ketika TRPA1 ini mencium sesuatu yang dikenali maka ia akan mengirimkan sinyal ke otak. Nah kebetulan salah satu molekul yang dikenali adalah isothiocyanate," kata Joe seperti dikutip dari , Kamis (16/2/2017).

"Ketika wasabi kontak dengan saraf-saraf TRPA1, maka saraf akan mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak," lanjut Joe.

Sementara itu untuk capsaicin responnya sedikit berbeda. Karena tidak lebih volatil dari isothiocyanate maka ia bisa memicu efek pedas pada saraf namun dengan sensasi yang berbeda.

Namun keduanya tetap dapat menimbulkan efek yang sama. Ketika terjadi stimulus berlebih seseorang biasanya menunjukkan gejala mulai dari wajah memerah, mata berair, dan hidung meler.

Hidung meler karena kepedasan tidak selalu jadi hal buruk. Pada kasus di mana hidung tersumbat akibat pilek, iritasi oleh capsaicin dan allyl isothiocyanate disebut dapat membantu sementara untuk melegakan pernapasan.



(fds/up)

Source :
health.detik.com