Anak Pandangi Orang yang 'Tak Biasa', Bagaimana Baiknya Respons Orang Tua?

9 months ago
Posted by news
68 views
Anak Pandangi Orang yang 'Tak Biasa', Bagaimana Baiknya Respons Orang Tua?


Jakarta, Saat melihat seseorang yang menurutnya menarik karena tak biasa misalnya, anak bisa menunjukkan respons bermacam-macam. Sebut saja memandangi orang tersebut atau membisikkan keheranannya pada ayah atau ibunya. Kadang kala, orang tua pun merasa tak enak dengan orang yang dipandangi anak.

Memandangi orang lain yang dianggap tak biasa salah satunya dialami anak salah satu pembaca detikHealth, Tata. Sang putra, Kiki yang berusia 2 tahun hampir selalu memandang waria yang ia temui.

"Waria pengamen kan biasanya heboh, biasanya dilihatin sih. Setelah orang itu pergi, baru saya kasih tahu itu waria pengamen, dia nyanyi dari rumah ke rumah. Karena kadang anak saya nanya itu kenapa orangnya kok heboh banget," kata Tata.

Lain halnya dengan yang dialami ibu dua anak, Imas (39). Putrinya yang berusia 6 tahun selalu memandangi jika ada waria atau orang dengan disabilitas. Ketika si anak memandangi orang itu terus, Imas mengaku langsung memanggil anaknya.

"Saya langsung panggil dia terus saya bilang jangan lihatin. Atau kadang dia yang langsung nyamperin saya terus bisikin 'kok itu orang gitu, Ma?'" kata Imas.

Baca juga:

Nah, ketika anak memandangi seseorang yang menurutnya tak biasa, psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi menganjurkan pada saat momen itu terjadi, alihkan perhatian anak. Justru, jangan minta anak untuk tidak memandangi orang itu terus.

Sebab, nantinya anak justru penasaran. Ratih mengatakan, mengalihkan perhatian anak bisa dengan menunjukkan hal lain di sekitar anak atau menceritakan sesuatu padanya. Intinya, lakukan sesuatu yang membuat perhatiannya teralihkan.

"Setelah momen itu berlalu, kita kasih pengertian. Kita tanya tadi melihat apa kalau kebetulan waria dan anak bingung ada laki-laki pakai baju perempuan katakan itu waria dan mungkin itu profesinya dia. Bawa ke penjelasan yang paling netral karena pemahaman mereka belum sampai bahwa waria itu begini begini begini," kata Ratih saat berbincang dengan detikHealth.

Memandangi orang yang menurutnya aneh atau tak biasa terkait dengan bagaimana anak bersikap di depan umum. Nah, respons anak kembali lagi pada pembiasaan dan contoh orang tua. Ketika orang tua terlalu heboh saat melihat sesuatu yang tak biasa, anak juga bisa menirunya.

"Jadi kitanya juga nggak perlu heboh waktu ngelihat apa gitu. Namanya anak kan kadang anak lain makan saja dilihatin. Kalau begitu, alihkan anak, dan anggap sesuatu yang nggak biasa itu adalah sesuatu yang biasa," pungkas Ratih.

Nah, bagi Anda Ayah dan Bunda, orang yang seperti apa atau siapa yang sering dipandangi anak ketika di tempat umum? Ketika anak seperti itu, apa yang Ayah dan Bunda lakukan? Yuk tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar ya!

Baca juga: (rdn/up)

Source :
health.detik.com