Anak Takut Saat Bertemu Orang Baru? Begini Trik Mengatasinya

1 year ago
Posted by news
155 views
Anak Takut Saat Bertemu Orang Baru? Begini Trik Mengatasinya


Jakarta, Sehari-hari anak biasanya lebih sering bermain dengan orang tua atau keluarga, sehingga saat diajak bertemu dengan orang-orang baru maka si anak biasanya akan takut.

Kondisi ini tentu kerap membuat orang tua khawatir kelak si anak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru saat mulai sekolah. Apakah anak Anda salah satunya?

Menurut psikolog Anna Surti Ariani, MPsi, orang tua bisa melatih anak untuk mulai berani bertemu dengan orang baru, salah satunya dengan cara memberikan contoh yang tepat. Ini karena dalam fase ini anak masih sangat bergantung pada kondisi orang tua.

Baca juga:

"Jadi orang tuanya harus menunjukkan dulu bahwa si tante ini misalnya, itu orang baik. Dengan begitu anak tahu 'oh ternyata tante ini orang baik, mamaku bisa bergaul dengan tante ini'. Nah, ini biasanya dengan berjalannya waktu anak akan lebih mau menerima," tutur wanita yang akrab disapa Nina ini kepada detikHealth.

Yang terpenting, orang tua memberikan pengertian bahwa berteman dengan orang baru yang dikenal itu baik. Orang tua juga sebaiknya menunjukkan melalui sikap dan ekspresi yang tenang dan banyak tersenyum. Anak biasanya dapat merasakan apakah saat itu kondisi orang tuanya sedang baik-baik saja, atau justru juga sedang ketakutan dengan si orang baru ini.

"Kalau kitanya takut, lalu memperkencang wajah dan pegangan ke anak, anaknya kan pasti kerasa. Anak yang ada jadi makin nempel, makin susah juga kenal orang baru. Jadi gendongnya biasa saja, banyak senyum, ketawa sama orang baru, jadi si anak juga merasa nyaman di lingkungan barunya," pesan Nina.

Baca juga:

(ajg/vit)

Source :
health.detik.com