Apa yang Terjadi Bila Cairan Sperma Tertelan?

2 months ago
Posted by news
69 views
Apa yang Terjadi Bila Cairan Sperma Tertelan?


Jakarta, Seks oral merupakan salah satu variasi seks untuk mencegah kebosanan pada pasangan suami istri. Nah, salah satu kemungkinan yang dapat terjadi ketika melakukan seks oral adalah sperma tertelan secara tak sengaja. Apakah yang akan terjadi seandainya masuk ke dalam tubuh?

Disampaikan oleh pakar kesehatan seksual, Dr Andri Wanananda MS, komposisi cairan sperma terdiri atas sel jantan (spermatozoa), lemak, karbohidrat, kolesterol, dan protein. Ketika tertelannya sperma saat seks oral pada dasarnya tidak akan terjadi apapun dan juga tidak berbahaya karena cairan sperma pada pria yang sehat adalah steril dan higienis.



"Seks oral sebagai pelengkap hubungan intim adalah normal. Cairan sperma yang kadang tertelan oleh istri tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuhnya," papar Dr Andri yang juga mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Kemudian menurut Dr Andri, sperma yang tertelan juga tidak menyebabkan keracunan. Tidak pula menyebabkan kehamilan, karena saluran cerna itu tidak bermuara di kandungan.

Meski demikian, air mani yang tertelan juga bukan berarti tanpa risiko. Terdapat beberapa virus yang dapat ditularkan melalui cairan tubuh dari pria yang terinfeksi. Contoh yang paling umum adalah infeksi menular seksual seperti HIV (human immunodeficiency virus), herpes, chlamydia, atau bahkan kanker tenggorokan.

Namun perlu diingat, jika hendak melakukan seks oral, lakukanlah secara higienis. Terlebih dahulu cuci dengan bersih penis dan vagina sebelum melakukan seks oral, vagina tidak sedang keputihan (fluor albus) dan tidak sedang haid, serta penis tidak ada tanda iritasi atau luka pada batangnya dan infeksi pada kepala penis.

(hrn/up)

Source :
health.detik.com