Asupan Ini Disebut Paling Ampuh Turunkan Risiko Kanker Payudara

9 months ago
Posted by news
92 views
Asupan Ini Disebut Paling Ampuh Turunkan Risiko Kanker Payudara


Jakarta, Risiko kanker memang lebih banyak menghantui orang-orang yang telah memasuki masa menopause. Namun bukan berarti risiko ini tidak bisa diturunkan.

Penelitian terbaru menyebut pola makan tertentu bisa dimanfaatkan untuk menurunkan risiko ini. Pola makan yang dimaksud adalah diet Mediterania.

Mengadopsi diet Mediterania, yaitu mengonsumsi banyak ikan, buah, kacang, sayur-sayuran dan gandum utuh diketahui dapat membantu menurunkan risiko terserang salah satu jenis kanker payudara terburuk hingga mencapai 40 persen, yaitu kanker payudara estrogen-receptor-negative (ER-negative).

Tipe kanker payudara ini umumnya ditemukan pada wanita pasca menopause namun tidak dapat disembuhkan dengan terapi hormon. Kanker payudara ER-negative juga memiliki prognosis yang lebih buruk dari tipe kanker payudara lainnya.

Peneliti menemukan keterkaitan ini setelah mengamati pola makan 62.573 wanita berusia 55-69 tahun selama 20 tahun. Peneliti coba melihat sedekat apa pola makan mereka dengan diet Mediterania, yang juga ditandai dengan pengurangan asupan daging merah, makanan manis dan produk biji olahan seperti nasi putih dan roti tawar.

Di akhir studi, 3.354 partisipan dilaporkan terkena kanker payudara, akan tetapi peneliti mengesampingkan 1.033 partisipan yang memiliki riwayat kanker payudara ataupun yang data terkait pola makannya tidak lengkap.

Hasilnya, pada siapapun yang mengonsumsi pola makan yang paling mendekati diet Mediterania, 32,4 persen atau hampir sepertiga kasus kanker payudara ER-negative dapat terhindarkan. Ini juga termasuk 2,3 persen kasus kanker payudara segala jenis yang bisa dicegah.

"Bahkan kami menemukan dampaknya pada mereka yang tidak tinggal di kawasan Mediterania atau tidak terbiasa memiliki pola makan ini," ungkap ketua tim peneliti Prof Piet van den Brandt dari Maastricht University, Belanda seperti dilaporkan The Guardian.

Tak hanya itu, ketika mengamati komponen diet secara mendetail, peneliti menemukan bahwa asupan kacang dilaporkan paling kuat kaitannya dengan penurunan risiko kanker payudara ER-negative, diikuti dengan konsumsi buah dan ikan.

Ini bukan kali pertama diet Mediterania dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Setahun lalu, peneliti dari Spanyol juga mengungkap peranan penting pola makan ini dalam menurunkan risiko kanker payudara, termasuk mencegah kekambuhannya.

Meski demikian sejumlah pakar tetap mengingatkan bahwa pemilihan gaya hidup sehat sejak dini, yaitu pola makan sehat dan olahraga rutin lebih berperan dalam menurunkan risiko kanker, tetapi tidak menjamin pencegahan. Untuk itu yang tak kalah penting adalah mengenali gejala kanker dan segera menghubungi dokter jika ditemukan.(lll/vit)

Source :
health.detik.com