Aturan Anak Hanya Boleh Main Gadget Saat Weekend, Tepatkah?

10 months ago
Posted by news
75 views
Aturan Anak Hanya Boleh Main Gadget Saat Weekend, Tepatkah?


Jakarta, Masing-masing orang tua punya aturan sendiri soal pemakaian gadget pada anak. Misalnya, ada orang tua yang menerapkan aturan no gadget di weekdays tapi anak bebas bermain gadget di akhir pekan.

Ini salah satunya diterapkan salah satu pembaca detikHealth bernama Anna. Sehari-hari, Anna dan suaminya menerapkan putranya yang duduk di kelas 1 dan 2 SD tidak boleh bermain gadget. Nah, gadget hanya boleh dimainkan saat akhir pekan atau di hari libur. Meski begitu, jika besoknya anak sekolah, tetap mereka harus mengerjakan PR dan belajar.

"Saya pernah bolehkan mereka main gadget di weekdays, itu mereka jadi nggak konsen belajar. Pelajaran sebelumnya juga jadi buyar gitu. Makanya diambil keputusan seperti itu. Tapi di weekend pun kalau memang ada acara atau pergi keluar, mereka kadang-kadang aja bawa gadgetnya. Atau kalau ada saudaranya ya main sama saudaranya," tutur Anna.

Soal aturan hanya membolehkan anak main gadget di akhir pekan, psikolog anak dari Tiga Generasi Citra Annisa MPsi., Psikolog mengatakan harusnya akhir pekan memang menjadi quality time bersama keluarga. Ketika anak menghabiskan waktunya bermain gadget, otomatis bonding atau kelekatan antar anggota keluarga tidak terbentuk.

"Jadi ditarik ulur aja. Diatur. Kalau Sabtu sudah lama main gadget, Minggunya off. Apalagi sekarang gadget kan dominan ya, kita nggak bisa menghindar sama sekali," kata Citra kepada detikHealth di sela-sela Konsulteatime di honey and Me, Jl Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017).

Durasi pemakaian gadget di akhir pekan juga perlu diturunkan perlahan. Nah, Citra mengatakan ada anak yang memang sulit konsenstrasi saat dia boleh bermain gadget di weekdays atau merasa tak masalah jika bermain gadget. Hal terpenting, kata Citra, orang tua mesti menyadari apa yang kurang, tidak terbentuk, atau terlatih ketika anak bermain gadget.

"Kalau yang kurang interaksi keluarga ya berarti siasati di Sabtu boleh main gadget tapi hari Minggu nggak. Kemudian ajak anak playdate atau bermain bersama untuk mengganti aktivitas bermain gadget itu. Tapi kalau di weekdays anak main gadget 1 jam untuk refreshing dia ya nggak apa-apa. Nanti setelah 1 jam, stop main, ada yang nemenin dia main," kata Citra.

Saat melakukan playdate dengan anak, beri ia pilihan misalnya ia hendak bermain ke mana atau bermain apa. Citra menekankan, mengurangi durasi pemakaian gadget pada anak memang butuh ketelatenan, kesabaran, dan usaha keras dari orang tua.

"Tapi, dimulai dengan aturan no gadget di weekdays itu sudah bagus sekali. Sudah mengurangi durasi pemakaian gadget beberapa persen kan," pungkasnya. (rdn/vit)

Source :
health.detik.com