Australia Keluarkan Peringatan Bepergian ke RI, Ini Respons Kemenkes

1 year ago
Posted by news
169 views
Australia Keluarkan Peringatan Bepergian ke RI, Ini Respons Kemenkes


Jakarta, Pemerintah Australia mengeluarkan peringatan bepergian (travel advisory) untuk warganya yang ingin bepergian ke Indonesia. Peringatan ini dikeluarkan menyusul adanya satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdeteksi mengidap Zika di Taiwan.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr HM Subuh, MPPM, sebenarnya travel advisory tak perlu dikeluarkan. Indonesia bukan daerah endemis virus Zika dan bukan daerah yang sedang dalam ancaman penularan.

"Kasus Zika di Indonesia yang positif hanya satu, yaitu pasien asal Jambi. Itu pun melalui laporan laboratorium Eikjman pada 2015," tutur Subuh dalam keterangan tertulis yang diterima detikHealth, Senin (20/6/2016).



"Sementara WNI di luar negeri (Taiwan) asal Blitar, Jawa Timur yang dilaporkan positif, setelah ditelusuri kontak di Blitar semua negatif Zika," tambahnya lagi.

Ditegaskan Subuh, sistem pengendalian dan early warning terrkait Zika sudah berjalan dengan baik. Hal ini karena vektor penularannya sama dengan demam berdarah dengue yang upaya pengendaliannyasudah terlaksana selama ini.

Untuk itu, ia meminta masyarakat agar selalu menjaga kebersihan, terutama kebersihan lingkungan. Caranya, tentu saja dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air dan mengubur sampah yang bisa menjadi tempay nyamuk bersarang.

"Upaya kesiagaan dan pencegahan terus dilakukan Kemenkes melalui peningkatan surveilan dan pemberantasan sarang nyamuk," tambahnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Australia mengimbau warganya untuk berhati-hari bila ingin ke Indonesia. Penyebaran virus Zika yang sporadis menjadi alasan peringatan dikeluarkan.

"Indonesia sedang mengalami transmisi sporadis virus Zika melalui gigitan nyamuk. Mengingat kemungkinan bahwa virus Zika dapat menyebabkan malformasi berat pada bayi yang belum lahir, dengan mengambil pendekatan yang sangat hati-hati wanita hamil disarankan mendiskusikan rencana perjalanan apapaun dengan dokter mereka dan menunda perjalanannya ke Indonesia," tulis imbauan tersebut.

(mrs/vit)

Source :
health.detik.com