Bagi Pasutri Obesitas, Peluang Punya Anak Bisa Turun Drastis

3 months ago
Posted by news
86 views
Bagi Pasutri Obesitas, Peluang Punya Anak Bisa Turun Drastis


Jakarta, Kelebihan berat badan tidak hanya memengaruhi penampilan pasangan suami dan istri (pasutri). Studi mengungkap kelebihan berat badan juga bisa membuat pasutri lebih sulit untuk memiliki anak.

Rajeshwari Sundaram dari Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development, menyebut penelitian sebelumnya sudah membuktikan bahwa kelebihan berat badan yang dialami wanita membuatnya sulit hamil. Nah, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa pengaruh obesitas terhadap kehamilan tidak hanya terjadi pada wanita.

"Obesitas tidak hanya meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker. Obesitas juga bisa membuat pasutri lebih sulit hamil dan butuh waktu lama untuk memiliki anak," tutur Sundaram, dikutip dari .



Penelitian dilakukan dengan mengukur indeks massa tubuh (BMI) seseorang yang lalu dibandingkan dengan jarak antara waktu pernikahan dengan terjadinya kehamilan. Sekitar 27 persen partisipan wanita dan 41 persen partisipan pria mengalami obesitas.

Hasil penelitian menyebut pasangan yang memiliki obesitas tingkat 2 (BMI 35 ke atas) membutuhkan waktu 55 persen lebih lama untuk hamil dibandingkan pasangan dengan berat badan normal. Jika pasangan merokok, jarang olahraga dan kolesterol tinggi, waktu yang dibutuhkan meningkat hingga 59 persen.

Di sisi lain, mereka yang tergolong kelebihan berat badan tadi tidak obesitas (BMI 20-30) tetap mengalami kesulitan hamil, meskipun persentasenya lebih rendah di 40 persen. Secara keseluruhan, risiko infertilitas meningkat mulai dari 40 hingga 60 persen jika pasangan mengalami kelebihan berat badan.

dr Jeffrey Goldberg, pakar kehamilan dan endokrinologi dari Cleveland Clinic Ohio, mengatakan obesitas dapat memengaruhi sistem hormon yang ada pada tubuh. Salah satunya adalah mengubah testosteron pada pria menjadi estrogen yang menyebabkan sperma menjadi kurang subur.

"Selain itu penumpukan lemak di bagian rahim dan indung telur membuat produksi sel telur terganggu. Pada pria, efek ini bisa membuat buah zakar sulit memproduksi sperma yang bagus karena tekanan dari lemak cenderung membuat zakar kepanasan," tuturnya.

(mrs/vit)

Source :
health.detik.com