Berbobot 4 Kilogram, Tumor di Leher Orip Diduga 'Kembarannya'

1 month ago
Posted by news
40 views
Berbobot 4 Kilogram, Tumor di Leher Orip Diduga 'Kembarannya'


Jakarta, Orip Eliba Bifel (7) adalah bocah dari desa Mnesatbubuk, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kondisi tumor raksasa di leher belakang. Setelah kisah Orip viral di media, bantuan pun berdatangan sehingga dirinya bisa menjalani operasi pengangkatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Hampir tiga minggu di Jakarta bersama keluarga besar, pada Kamis (27/4/2017) Orip akhirnya ditangani oleh dokter bedah. Proses pengangkatan tumor memakan waktu kurang lebih lima jam dan setelah itu keluarga bisa bernapas lega karena hasilnya bagus.

Baca juga:

Dokter menyarankan Orip beristirahat hingga dua minggu agar luka bekas operasinya bisa cepat-cepat pulih dan kembali ke NTT.

Menurut pengakuan dr Ahmad Yani, SpBA, yang menangani kasus ini tumor Orip diketahui memiliki berat hingga empat kilogram dan dicurigai merupakan tumor teratoma. Tumor teratoma adalah tumor yang berisi organ-organ dari embrio yang gagal berkembang dalam rahim.

"Kemungkinan itu kembarannya yang nggak jadi. Nanti kita cek di dalamnya ada apa," ungkap dr Ahmad.

Ibu angkat dari Orip, Sarah Teva (46), mengaku berterima kasih dengan segala bantuan yang telah diberikan. Program bantuan corporate social responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menjemput Orip dari desa dan menerbangkannya ke Jakarta pun dianggap sangat berharga.

Nah, selama ini Orip tak pernah mengenyam pendidikan formal karena kondisinya. Untuk itu, setelah sembuh nanti, Orip berkeinginan mewujudkan impiannya untuk bisa bersekolah.

"Sangat senang, terima kasih buat semuanya, sembuh nanti mau lanjut sekolah jadi anak pintar. Mama akan urus, mama tekan anak ini harus sekolah tinggi. Pokoknya berjuang," pungkas Sarah.

Baca juga: (fds/vit)

Source :
health.detik.com