Bukan Nyeri Tulang Biasa, Begini Gejala Myeloma yang Penting Diketahui

1 month ago
Posted by news
30 views
Bukan Nyeri Tulang Biasa, Begini Gejala Myeloma yang Penting Diketahui


Jakarta, Myeloma adalah salah satu jenis kanker darah yang bisa fatal jika diagnosisnya terlambat ditemukan. Maka dari itu, Anda perlu memahami tanda-tanda dari myeloma.

Menurut dr Toman L. Toruan, SpPD, KHOM dari RS Pondok Indah, myeloma tidak memiliki keluhan khas, namun pada pasien yang terdiagnosis myeloma sering ditemukan 4 tanda yang disingkat sebagai CRAB (hyperCalcemia, Renal impairment, Anemia dan Bone involvement.)

Hypercalcemia atau hiperkalsemi adalah kondisi di mana kadar kalsium darah meningkat lebih dari normal. Angkanya bisa melebihi 10 mg/dL pada pasien myeloma. Peningkatan ini terjadi akibat adanya tulang yang keropos.

Renal impairment atau gangguan ginjal adalah ketika fungsi ginjal menurun akibat penumpukan imunoglobulian atau protein lainnya di ginjal. Efeknya, ginjal tidak bisa menyaring darah dan ditandai dengan meningkatnya kreatinin darah.

Baca juga:

"Juga bisa ditandai dengan anemia, yakni ketika kadar hemoglobin darah turun," ujar dr Toman dalam diskusi media di SCBD Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Ia melanjutkan, gagalnya pembentukan sel darah merah di sumsum tulang ini merupakan efek dari 'bercokolnya' sel myeloma di dalam sumsum tulang.

Keluhan yang sering muncul lainnya adalah nyeri pada tulang. Yang khas pada myeloma, nyeri yang muncul bukanlah nyeri biasa, melainkan nyeri akibat tulang keropos dan menipis. "Hampir semua tulang di tubuh manusia dapat terserang penyakit ini," imbuh dr Toman.

Dari penjelasan tersebut, dr Toman menganjurkan apabila Anda mengalami kondisi seperti pucat, mudah lelah, nyeri di tulang, nafsu makan menurun serta demam yang hilang timbul, maka segeralah konsultasi ke dokter.

Baca juga: (ajg/vit)

Source :
health.detik.com