Cantik! Mural Pesan Anti-rokok di Atap Rumah Warga Kali Code

3 months ago
Posted by news
61 views
Cantik! Mural Pesan Anti-rokok di Atap Rumah Warga Kali Code


Jakarta, Pada tahun 2015, Yogyakarta tepatnya di salah satu kampung bernama Kali Code sempat menjadi sorotan negatif dari dalam negeri maupun dunia internasional. Ini karena wilayah itu dijadikan alat promosi oleh salah satu perusahaan rokok.

Untuk itu, organisasi Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MMTC) bersama pegiat kesehatan, seniman dan warga Kali Code membuat terobosan berupa proyek yang bertajuk 'Tunjukkan Warna Aslimu'.

Proyek tersebut merupakan aktivitas sosial melukis mural bertemakan anti-rokok dengan melibatkan artis grafiti, Koma. Beberapa atap rumah warga Kali code yang jadi objeknya dilukis dengan cat khusus, yang membuat gambar bercahaya dan memberikan efek yang sama jika dilihat baik di siang maupun malam hari.

"Seni mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menyampaikan pesan penting karena masyarakat bisa merasa terhubung secara emosional," ungkap seniman Koma.




Cantik! Mural Pesan Anti-rokok di Atap Rumah Warga Kali CodeFoto: suherni




Wakil ketua MTCC Dianita Sugiyo mengatakan, survei yang dilakukan oleh MTCC membuktikan bahwa 84 persen warga ingin hidup di lingkungan bebas dari iklan rokok. Ia berharap aktivitas edukasi ini dapat memberdayakan masyarakat lokal.

"Mereka telah menghilangkan branding rokok yang sebelumnya menghiasi Kali Code dan kami berharap ke depannya Yogyakarta, terutama Kali Code, akan bebas dari iklan rokok," kata Dianita.

Kampanye 'Tunjukkan Warna Aslimu' yang merupakan bagian dari kampanye #SuaraTanpaRokok yang pada 4 Februari lalu juga menggelar beberapa kegiatan berupa pelatihan video yang diikuti oleh muda-mudi kampung Kali Code. Selain itu kegiatan ini disukseskan oleh murid-murid dari University of Technology of Sydney (UTS).




Cantik! Mural Pesan Anti-rokok di Atap Rumah Warga Kali CodeFoto: suherni




(hrn/vit)

Source :
health.detik.com