Cara Agar Bisa 'Move On' dari sang Mantan

7 days ago
Posted by news
9 views
Cara Agar Bisa 'Move On' dari sang Mantan


Jakarta, Pasca putusnya hubungan asmara, salah satu hal yang kadang bikin seseorang galau adalah sulitnya melupakan sang mantan. Situasi seperti ini pun disebut dengan 'susah move on'.

Seperti diungkapkan salah satu pembaca detikHealth, Rico yang pernah menjalin hubungan dengan sang mantan selama kurang lebih 7 tahun. Menurut Rico, susah sekali melupakan mantan pacarnya karena tiba-tiba ia kehilangan, bukan hanya kehilangan si wanita tapi juga interaksi yang biasa mereka lakukan. Misalnya, belanja bersama, ngobrol, bercanda dan menghabiskan akhir pekan bersama.

"Tapi buat gue yang paling susah itu sering banget mimpiin dia. Emang nggak setiap hari, tapi seminggu bisa 3-4 kali. Biar nggak kepikiran atau cepet move on, ya gue nggak bengong karena kalau nggak ada kegiatan pasti kepikiran lagi. Jadinya gue main aja sama teman, keluar makan, nonton, jalan-jalan. Tapi nanti begitu tidur, terus muncul di mimpi, bangun-bangun jadi baper, ha ha ha," ungkap Rico.

Sejak putus dari sang pacar sekitar 2 tahun lalu, Rico mengaku masih sering memimpikan sang mantan. Padahal, komunikasi sudah jarang dilakukan. Nah, Rico merasa jika dia beraktivitas, justru tidak kepikiran si mantan.

Lain Rico, lain pula yang dirasakan mahasiswi tingkat akhir Politeknik Negeri Jakarta bernama Santi. Ia mengatakan melupakan mantan pacar memang susah-susah gampang, tapi kalau niat itu jadi lebih mudah. Kesulitan yang dialami Santi saat berusaha melupakan mantan pacarnya yaitu jika tiba-tiba terlibat masa lalu, misalnya saat pergi ke tempat yang dulu sering dikunjungi atau mendengar lagu yang biasa didenger bersama sang pacar.

"Untuk ngelupain, aku inget-inget aja kejahatannya dulu yang nyakitin, pasti jadi kesel, benci, dan jadi males mikirin lagi. Atau kalau nggak aku jauh-jauh dari HP karena dulu kan biasanya kabar-kabaran via HP. Nah kalau aku ngejauh dari HP bisa mudah terbiasa tanpa mantan," kata Santi.


Soal bagaimana cara melupakan mantan pacar, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani M.Psi., Psikolog mengatakan pada prinsipnya kita memang tidak didesain untuk melupakan sesuatu. Nah, hal itu, kata wanita yang akrab disapa Wita ini, yang perlu diingat. Wita menuturkan, kita tidak mungkin bisa lupa dengan si mantan, tapi kita bisa mellihat masa lalu dengan si mantan dari sudut yang berbeda.

"Bahwa ya memang kita pernah dikasih kesempatan sama orang ini, tapi habis gitu masanya habis. Ibaratnya kayak makanan kalengan ada expired time-nya. Kalau dibilang melupakan ya memang nggak bisa, tapi kita bisa coba ikhlaskan waktu yang pernah kita lewati bersama dia," kata Wita saat berbincang dengan detikHealth.

Ia menambahkan, butuh waktu yang agak lama pula untuk melupakan mantan pacar jika memang hubungan yang terjalin sudah cukup lama. Misalnya seperti yang dialami Rico, menurut Wita wajar jika Rico sulit melupakan sang mantan sebab investasi emosi yang dirasakan sudah banyak.

Soal sampai si mantan terbawa di mimpi, menurut Wita mungkin itu terjadi karena seseorang terlalu berusaha melupakan si mantan, tapi justru muncul di dalam mimpi.

"Jangan terlalu dipaksa. Mengisi kegiatan itu bagus, supaya kita jadi banyak teman dan happy. Tujuannya bukan untuk melupakan tapi menjalani kehidupan yang membahagiakan meski tanpa dia (mantan pacar)," pungkas wanita yang juga praktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia ini.

Nah, bagaimana dengan Anda pembaca detikHealth? Apa kesulitan yang dialami saat hendak move on dari mantan pacar? Lalu, trik apa yang digunakan? Silakan lho berbagi pengalaman Anda di kolom komentar ya!



(rdn/up)

Source :
health.detik.com