Catat, Pakar Sebut Kebanyakan Bicara Juga Bisa Picu Bau Mulut

4 months ago
Posted by news
31 views
Catat, Pakar Sebut Kebanyakan Bicara Juga Bisa Picu Bau Mulut


Jakarta, Selain malas menyikat gigi dan lidah secara rutin, salah satu hal lain yang disebutkan pakar juga bisa memicu datangnya bau mulut adalah terlalu banyak bicara. Kok bisa ya?

Menurut dokter gigi dari London Centre for Cosmetic Dentistry, Dr Mervyn Druian, segala sesuatu yang dapat membuat mulut kering berarti juga dapat meningkatkan risiko bau mulut. Salah satunya adalah banyak bicara.

"Banyak bicara membuat mulut banyak terpapar udara luar dan air liur pun menjadi berkurang. Jika seseorang banyak berbicara tapi jarang minum, maka salah satu risikonya adalah bau mulut," ujar Druian.



Ia melanjutkan, banyaknya air liur di dalam mulut menjadi penting untuk mencegah bau mulut karena ia berfungsi untuk membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut itu sendiri. Itulah mengapa bau mulut juga paling sering terjadi di pagi hari setelah bangun tidur, karena itulah saat di mana air liur sedang sangat sedikit.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk banyak berbicara, Druian menganjurkan Anda untuk menjaga hidrasi di dalam mulut dengan tidak lupa minum air putih secara rutin. Hal ini dapat membuat Anda jauh dari risiko bau mulut.

Selain banyak bicara, hal lain yang juga disebutkan dapat memicu bau mulut adalah stres. Penelitian dari Medical University of Sofia di Bulgaria menyebutkan bahwa stres dapat memengaruhi aliran air liur, sehingga membuat mulut menjadi kering.

Peningkatan hormon stres dalam tubuh juga dikatakan memengaruhi kehidupan stres yang berkaitan dengan bau mulut. Dikombinasikan dengan kondisi mulut yang mudah kering, stres pun bisa menjadi salah satu pemicu bau mulut yang sering terabaikan.




(ajg/up)

Source :
health.detik.com