Dua Hal dalam Kehidupan Seks Pria yang Dipengaruhi Pola Tidur

6 months ago
Posted by news
95 views
Dua Hal dalam Kehidupan Seks Pria yang Dipengaruhi Pola Tidur


Jakarta, Sebuah penelitian terbaru mengaitkan dampak kurang tidur pada pria, dengan kualitas sperma yang diproduksinya. Jauh sebelumnya, penelitian lain telah mengungkap hubungannya dengan libido atau gairah seks.

Sebuah penelitian di University of Chicago pada 2011 mengungkap bahwa pria yang tidur kurang dari 5 jam sehari selama sepekan berturut-turut akan mengalami penurunan kadar testosteron. Salah satu dampaknya adalah penurunan libido.

Meski lebih dikenal sebagai hormon seks, testosteron berpengaruh juga pada sistem organ yang lain. Penurunan kadar testosteron dalam tubuh, dalam berbagai penelitian juga dikaitkan dengan sindrom metabolik, yang antara lain mencakup penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

"Durasi dan kualitas tidur yang kurang semakin dikenali sebagai pengganggu endokrin,"kata Prof Eve Van Cauter yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari The Telegraph.

Sementara menurut Men's Health, penelitian terbaru di Boston University membuktikan bahwa pria dengan durasi tidur kurang dari 6 jam sehari punya peluang 31 persen lebih rendah untuk punya keturunan. Dalam kaitannya dengan kualitas sperma, durasi tidur yang ideal menurut penelitian tersebut adalah 7-8 jam.




Dua Hal dalam Kehidupan Seks Pria yang Dipengaruhi Pola TidurFoto: thinkstock




Sama seperti pada penelitian-penelitian sebelumnya, kesimpulan ini juga berhubungan dengan kadar testosteron. Para ilmuwan berasumsi, kurang tidur berpengaruh pada produksi testosteron yang memang memgang peran penting dalam proses pembentukan sperma. (fds/up)

Source :
health.detik.com