Efek Ibu Asal-asalan Lakukan Teknik Pijat Bayi yang Viral di Medsos

6 months ago
Posted by news
79 views
Efek Ibu Asal-asalan Lakukan Teknik Pijat Bayi yang Viral di Medsos


Jakarta, Teknik pijat ekstrem dengan cara seperti 'melempar-lempar' bayi sedang viral di media sosial. Meski demikian, dokter sangat tidak menganjurkan para orang tua untuk ikut-ikutan mencobanya.

Sebab teknik ini jika dilakukan sembarangan, risikonya bisa membuat bayi malah jadi cedera serius. Bukan tidak mungkin bayi juga mengalami Shaken Baby Syndrome (SDS). Kondisi ini bisa terjadi ketika kepala anak di bawah usia satu tahun terguncang terlalu keras karena diayun atau 'dilempar' ke kanan atau ke kiri. Apalagi, jaringan di kepala anak masih terbilang lunak.

"Kalau kepala diguncang, bisa menyebabkan pembuluh darah tertarik. Sehingga menyebabkan lebam di otak. Pada shaken baby syndrome ini pembuluh darah sebagian pecah karena terdapat tarikan atau guncangan," tutur Marissa TS Pudjiadi, SpA, saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.
Menanggapi viralnya video teknik pijat ekstrem ini, dr Meta Hanindita, SpA menuturkan bahwa sebaiknya orang tua tidak ikut-ikutan mencoba melakukannya. Sebab bayi bisa mengalami trauma fisik, terluka ataupun kondisi lain yang berbahaya bagi kesehatannya.

Menurut dr Meta, mengguncang-guncangkan bayi saat sedang ingin menenangkan kala ia menangis saja jika keliru bisa membuatnya berisiko kena Shaken Baby Syndrome, apalagi dengan gerakan-gerakan ekstrem seperti itu. "Menurut data CDC (Centers for Disease Control and Prevention -red), 1 dari 4 anak yang mengalami SBS akan meninggal. Yang masih bertahan hidup pun mempunyai pengaruh jangka panjang terhadap kesehatannya," imbuh dr Meta.

"Tidak (menganjurkan -red). Sebaiknya pijat bayi dengan lembut saja, tekniknya ada beragam juga," terangnya. Ia melanjutkan, teknik pijat bayi jika dilakukan dengan lembut dan tepat sepatutnya bisa membuat bayi rileks dan dapat tidur nyenyak.

Ekstrem sekali pijat bayinya, ya? Simak juga videonya di sini:




(ajg/up)

Source :
health.detik.com