Hair Torniquet Syndrome, Saat Sehelai Rambut Hambat Aliran Darah Anak

5 months ago
Posted by news
64 views
Hair Torniquet Syndrome, Saat Sehelai Rambut Hambat Aliran Darah Anak


Jakarta, Hair torniquet syndrome bisa membuat anak tidak nyaman. Pasalnya, aliran darah anak bisa terhambat 'hanya' karena sehelai rambut.

Diungkapkan pakar parenting dan perkembangan anak Dr Debi Gilboa, hair tourniquet merupakan salah satu kondisi berisiko yang bisa terjadi pada anak. Tapi, banyak orang tua yang tidak menyadarinya. Menurutnya, kondisi ini umum menjadi perhatian spesialis pediatri ketika bayi atau anak yang belum bisa bicara mengalami ketidaknyamanan.

"Hair torniquet terjadi karena banyak orang tua memiliki rambut panjang dan bayi berusaha meraihnya atau helai rambut tersebut tersangkut di tempat seperti kaos kaki atau popoknya," tutur Gilboa kepada Today.

Ia menuturkan, jika anak bertingkah tidak seperti biasanya orang tua mesti mengecek kondisi si kecil, termasuk kemungkinan terjadinya hair torniquet syndrome. Menurut Gilboa, hair torniquet tidak sulit diperhatikan tapi memang tidak ada cara untuk mencegahnya. Nah, ketika ada lilitan rambut di jari kaki bayi, misalnya, Gilboa menyarankan lepaskan lilitan dengan peniti yang notabene tidak tajam.

Nah, hair torniquet pernah dialami oleh bayi pasangan asal Kansas, Scott dan Jessica Walker. Tahun lalu, si bayi yang diberi nama Molly berusia 19 minggu. Kala itu, Scott dan keluarganya tengah makan siang dan si kecil Molly tiba-tiba rewel dan terlihat tak nyaman. Jessica berinisiatif membuka kaos kaki Molly karena melihat putrinya itu mulai mengalami overheat.

"Setelah dibuka, ternyata di telunjuk kaki Molly ada lilitan rambut yang sangat ketat. Ini kondisi yang tidak pernah saya alami dan ternyata berpotensi menghambat sirkulasi darah. Untungnya, istri saya memiliki latar belakang medis. Dengan pinset dan kaca pembesar, ia bisa memutus lilitan rambut di jari Molly," tutur Scott.

Foto penampakan telunjuk kaki Molly setelah 45 menit diunggah Scott di halaman Facebooknya. Foto tersebut dibagikan lebih dari 35 ribu kali dan mendapat komentar 44 ribu lebih netizen. Salah satu netizen mengatakan putranya pernah mengalami hal serupa.

"Ketika Anda mandi atau menyisir rambut perhatikan di mana anak Anda. Sebab, saat di daycare, pengasuh anak saya mengatakan ia melihat rontokan rambut di diaper anak saya dan hampir melilit penisnya. Pasti ini akan menyakitkan si kecil," tutur Jenna Sims.

Dikutip dari Science Direct, hair torniquet syndrome merupakan fenomena klinis di mana rambut atau benang melilit dengan ketat area tubuh tertentu. Umumnya lilitan terjadi di jari tangan, jari kaki, dan pergelangan kaki atau tangan. Lilitan ini jika tak ditangani segera bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa, pembengkakan, bahkan terhambatnya aliran darah.

Seperti diketahui, terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh bisa membuat organ tubuh, terutama organ vital seperti jantung tidak mendapat oksigen yang penting untuk sel-sel di organ tubuh. Ketika tak diatasi, bukan tak mungkin bisa terjadi dampak yang fatal.

(rdn/vit)

Source :
health.detik.com