Hal-hal 'Terlarang' Saat Mendongeng untuk Anak

9 months ago
Posted by news
71 views
Hal-hal 'Terlarang' Saat Mendongeng untuk Anak


Jakarta, Jangan remehkan kegiatan mendongeng. Meski tampak sepele, ada hal-hal 'terlarang' dalam mendongeng yang harus dihindari. Apa saja itu?

"Pertama menghindari kata atau kalimat yang menggurui. Misalnya pakai kata 'harus'. Kamu harus makan sayur. Nah, itu sebaiknya dihindari," saran Kanya Cittasara, salah satu personel grup duo 'musical storytelling' Sarang Cerita.

Hal itu disampaikan dia di sela-sela kegiatan mendongeng yang digelar detikHealth di TKIT Permata Jati, Jl Jatipadang Poncol, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).




Keseruan mendongeng di TKIT Permata HatiKeseruan mendongeng di TKIT Permata Hati Foto: Suherni



Kedua, lanjut Kanya, hindari atau kurangi penggunaan kalimat-kalimat bernada negatif. Misalnya kalimat 'kamu anak nakal', 'kamu pencuri', 'kamu tukang bohong'. "Lebih baik menggunakan kata yang lebih positif seperti 'tidak jujur' untuk menggantikan 'berbohong'," tambahnya.

Baca juga:

Dalam mendongeng juga sebaiknya tidak perlu menyimpulkan isi dongeng. Berikan keleluasaan bagi anak-anak untuk berimajinasi dan menyimpulkan. Itu makanya perlu menggunakan kata-kata yang baik dan membangun. Terlebih dalam dongeng juga sangat bisa menyelipkan pesan-pesan positif bagi anak.

Selanjutnya jangan 'menyamaratakan' si pendengar dongeng. Misalnya ketika mendongeng untuk anak TK, maka cerita yang disampaikan umumnya yang bersifat imajinatif namun tetap bermakna positif. Kemudian ketika mendongeng untuk anak SD, lebih ke masalah sehari-hari yang lebih kompleks.




Keseruan kegiatan mendongeng di TKIT Permata HatiKeseruan kegiatan mendongeng di TKIT Permata Hati Foto: Suherni



"Jadi harus berdasarkan usia agar pesannya lebih sampai," imbuh Essenza Quranique Bachreisy alias Echa, personel lain dari Sarang Cerita, menimpali.

Dalam kesempatan mendongeng di hadapan anak-anak TKIT Permata Hati, Sarang Cerita menyampaikan dongeng 'Kejujuran Tuan Tikus Air' dan 'Kuku si Kucing Berani Tidur Sendiri'. Apakah ada TK lain di Jakarta yang ingin mendengar dongeng kami? Sampaikan data sekolahnya melalui email: [email protected]

Baca juga:

(vit/up)

Source :
health.detik.com