Imbauan Menkes Agar Anak Tak Lahir dengan Cacat Bawaan

4 days ago
Posted by news
5 views
Imbauan Menkes Agar Anak Tak Lahir dengan Cacat Bawaan


Jakarta, Memperingati Hari Kelainan Bawaan Sedunia Menteri Kesehatan RI Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mengimbau masyarakat agar benar-benar merencanakan kehamilannya. Hal tersebut agar anak bisa lahir dengan selamat tanpa ada kecacatan.

Di dunia diperkirakan ada sekitar enam persen bayi yang lahir dengan kecacatan bawaan. Di Indonesia sendiri Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menyebut bahwa kecacatan bawaan berkontribusi terhadap 5,7 persen kematian bayi dan 4,9 persen kematian balita.

Bagaimana merencanakan kehamilan yang baik menurut Menkes Nila bisa dimulai dari pemeriksaan kesehatan sebelum nikah termasuk pemeriksaan genetik. Dengan demikian pasangan bisa mengetahui risiko yang mungkin akan dimiliki anak kelak dan bersiap-siap mengambil langkah antisipasinya.

"Kalaupun hasil (pemeriksaan -red) baik satu lagi yang saya minta agar kita menghasilkan sumber daya yang berkualitas adalah lakukan kehamilan dengan benar. Artinya betul-betul direncanakan memikirkan tanggung jawab ke depan," kata Menkes Nila dalam puncak perayaan Hari Kelainan Bawaan Sedunia di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2017).

"Orang tua betul-betul memelihara kehamilan dengan benar. Berikan gizi yang baik, secara psikis juga berikan sebaik-baiknya distimulasi agar otak anak terbentuk dengan baik," lanjut Nila.

Penyebab kecacatan umumnya bisa dipicu oleh tiga hal. Pertama genetik, kedua asupan yang buruk, dan ketiga karena pencemaran lingkungan.

Untuk pencemaran lingkungan hal yang perlu diwaspadai ibu hamil adalah paparan asap rokok dan pestisida. Asap rokok bisa datang dari konsumsi rokok orang sekitar sementara paparan pestisida biasanya ada pada buah dan sayur yang terkontaminasi.

"Jadi rokok itu kan mengandung zat karsinogenik dan zat-zat yang menghambat oksigen dalam tubuh. Kalau ibu hamil di tiga bulan pertama itu pembentukan organ yang kemudian nanti berkembang sampai cukup untuk lahir, kalau janin itu tidak mendapat oksigen yang baik tentu pertumbuhannya terganggu bisa mendapatkan kecacatan," pungkas Menkes Nila. (fds/up)

Source :
health.detik.com