Ini Alasannya Anda Perlu Ganti Bantal yang Sudah Dipakai 2 Tahun

9 months ago
Posted by news
116 views
Ini Alasannya Anda Perlu Ganti Bantal yang Sudah Dipakai 2 Tahun


Jakarta, Umumnya jika bantal masih enak dipakai maka tidak akan diganti. Tapi hati-hati bantal yang sudah dua tahun dipakai biasanya 'menyimpan' makhluk-makhluk mikroskopis yang bisa membuat alergi.

Disampaikan dr Lisa Ackerley dari The Hygiene Doctor, bantal yang sudah dua tahun dipakai, maka 10 persen dari beratnya berasal dari tungau debu (dust mites) dan sel kulit mati yang menempel. Itu makanya bantal tua seperti itu memiliki risiko alergi bagi penggunanya.

Sebenarnya tungau tidak membawa penyakit. Akan tetapi menurut dr Ackerley, enzim di kotoran tungaulah yang bisa membuat beberapa orang alergi. Pada orang yang memiliki asma, kehadiran tungai bisa membuatnya lebih buruk. Demikian dikutip dari , Kamis (16/2/2017).

Pilek berkepanjangan, batuk yang terus-menerus, ataupun mata gatal dan berair juga bisa diakibatkan tungau dan kotorannya yang menempel di bantal. Karena itu jika pilek atau batuk Anda tidak sembuh-sembuh, cobalah dulu mengganti bantal Anda.



dr Ackerley juga menyarankan untuk mencuci bantal secara rutin dan mengeringkannya. Panas dari mesin pengering disebutnya bisa membunuh para tungau.

"Anda juga bisa menaruh bantar di freezer untuk membunuh tungau, tapi jika ada tempat yang cukup di freezer Anda," ujar dr Ackerley.

Pada intinya, Anda jangan malas untuk bersih-bersih rumah, termasuk mengganti sarung bantal dan seprai. Sebab ketika rumah Anda bersih, tungau-tungau ini akan berkurang populasinya.

Direktur Sleep to Live Institute, Robert Oexman, DC beberapa waktu lalu menganjurkan untuk mengganti bantal setiap 6 bulan sekali. Selain menghindarkan diri dari alergi akibat tungau, bantal yang tidak kempis karena dimakan usia bisa memberikan kenyamanan dan menambah kualitas tidur. Apalagi bantal yang semakin mengempis tidak dapat menyangga leher dengan baik.

(vit/up)

Source :
health.detik.com