Ini Cara Kerja Dumolid dan Efek Sampingnya Jika Disalahgunakan

Ini Cara Kerja Dumolid dan Efek Sampingnya Jika Disalahgunakan


Jakarta, Aktor Tora Sudiro bersama sang istri Mieke Amalia harus digiring oleh polisi setelah tertangkap menyimpan 30 butir Dumolid. Dalam dunia medis, Dumolid termasuk obat golongan benzodiazepine dengan kandungan zat aktif nitrazepam yang dikonsumsi untuk mengatasi insomnia. Bagaimana cara kerjanya?

Pakar kesehatan tidur dari RS Medistra Jakarta, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, menjelaskan bahwa dumolid atau nitrazepam adalah sejenis obat untuk orang dengan insomnia sementara. Artinya, insomnia yang dialami masih kurang dari waktu satu bulan.

"Semua obat golongan nitrazepam kerjanya di otak," terang dr Rimawati, yang juga seorang dokter spesialis saraf.

Cara kerja obat ini sendiri akan membuat orang merasa mengantuk dan baru akan merasakan efeknya setelah terbangun dari tidur.

Namun, bahayanya, efek samping dari penggunaan obat ini biasanya mengakibatkan kecanduan dan ketergantung pada obat. Orang yang sudah terbiasa menggunakan obat ini akan menjadi sulit untuk tidur jika tidak mengonsumsinya terlebih dahulu. Lantas, untuk apa ada orang yang menyalahgunakan obat seperti ini?

"Penyalahgunaan obat-obatan golongan ini akan membuat orang menjadi tenang, nggak gelisah, orang mungkin lebih bisa high," pungkasnya.

(up/up)

Source :
health.detik.com