Ini Lho yang Bisa Didapat Anak dari Kegiatan Mendongeng

7 months ago
Posted by news
73 views
Ini Lho yang Bisa Didapat Anak dari Kegiatan Mendongeng


Jakarta, Mendongeng. Apakah kegiatan ini sering Anda lakukan bersama si kecil? Tampak sepele, tapi mendongeng bisa memberi banyak manfaat untuk anak.

"Dengan mendongeng itu kita bisa mengajari anak-anak tanpa menggurui," ujar Kanya Cittasara, salah satu personel grup duo 'musical storytelling' Sarang Cerita, di sela-sela kegiatan mendongeng yang digelar detikHealth di TKIT Permata Jati, Jl Jatipadang Poncol, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).

Kanya mencontohkan misalnya pada anak yang selalu takut gelap sehingga tidak mau tidur sendiri, maka orang tua bisa memberikan dongeng yang memberi pesan kenapa tidak perlu takut gelap. Cerita berisi pesan jangan takut gelap ini adalah salah satu yang disampaikan Sarang Dongeng di hadapan anak-anak TKIT Permata Hati.




Keseruan mendongeng di TKIT Permata HatiKeseruan mendongeng di TKIT Permata Hati Foto: Nurvita Indarini



Dalam cerita itu disampaikan bahwa gelap akan menjaga seseorang dari lelah. Karena saat hari berganti gelap, artinya sudah malam, sehingga sebagian besar makhluk hidup akan tidur. Nah, dengan tidur, maka rasa lelah seharian akan diatasi.

Baca juga:

"Agar tidak takut gelap dan tidur sendiri, maka perlu berdoa sebelum tidur, cuci tangan dan kaki, serta mendoakan mama dan papa," pesan Essenza Quranique Bachreisy alias Echa, personel lain dari Sarang Cerita.

Contoh lainnya adalah menjadikan isu 'anak tidak suka makan sayur' sebagai bahan mendongeng. "Jadi di dongeng yang disampaikan kita kasih solusi ke anak agar dia mau makan sayur. Jadi kita menyampaikan sesuatu dengan cara yang menyenangkan," ucap Kanya menimpali.




Keseruan mendongeng di TKIT Permata HatiKeseruan mendongeng di TKIT Permata Hati Foto: Nurvita Indarini



Tidak hanya menampilkan cerita sarat pesan positif, dengan mendongeng anak-anak juga bisa lebih senang dan ceria. Buktinya anak-anak di TKIT Permata Hati ingin kakak-kakak pendongeng sering-sering datang dan menyampaikan dongeng untuk mereka.

"Senang, soalnya enak," ucap salah satu murid TK ketika ditanya pendapatnya tentang kegiatan ini.

Dalam mendongeng, agar anak-anak tidak bosan, Echa dan Kanya juga menyelipkan aktivitas. Misalnya mengikuti gerakan hewan-hewan tertentu, sehingga anak makin semangat dan tidak hanya duduk mendengarkan saja. Jadi siapa bilang anak-anak tidak bisa berkegiatan fisik pada saat mendongeng?

Baca juga:

(vit/up)

Source :
health.detik.com