Kalau Telinga Kemasukan Air, Begini Cara Mengeluarkannya

5 months ago
Posted by news
70 views
Kalau Telinga Kemasukan Air, Begini Cara Mengeluarkannya


Jakarta, Saat sedang berenang atau mandi terkadang telinga bisa kemasukan air. Rasanya tidak nyaman karena telinga jadi seperti berdengung dan beberapa orang mungkin akan melakukan berbagai macam cara untuk mengeluarkan air tersebut.

Namun hati-hati jangan sembarangan mengeluarkannya. Air yang masuk ke dalam telinga akan bercampur dengan getah telinga atau serumen sehingga sulit dikeluarkan sekalipun dikorek-korek.

dr Sri Susilawati, SpTHT-KL dari Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) mengatakan cara baik untuk mengeluarkan air adalah dengan memasukkan air lagi ke dalam telinga.

Miringkan kepala lalu pelan-pelan teteskan air ke dalam telinga yang bermasalah. Setelah itu miringkan kembali kepala ke arah berlawanan dengan harapan tambahan air yang masuk akan mengencerkan serumen sehingga mudah keluar.



Pada anak-anak, orang tua mungkin akan mencoba menghisap atau meniup air keluar namun cara tersebut tak dianjurkan oleh dokter. Alasannya karena gendang telinga anak-anak masih sensitif terhadap tekanan sehingga malah berisiko.

"Yang bagus ya itu dimasukkan air lagi... Enggak boleh (disedot -red) karena entar pecah gendang telinganya," ungkap dr Sri ketika ditemui pada acara temu media Hari Pendengaran Sedunia di kantor P2P Kementerian Kesehatan, Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Ketika air yang sering masuk ke dalam kuping dibiarkan sebetulnya ada bahaya memicu pertumbuhan jamur. Jamur menyukai lingkungan lembab dan ketika jamur sudah tumbuh di dalam telinga maka akan ada gejala sering terasa gatal.

Oleh karena itu disarankan bila air di dalam kuping sulit untuk keluar disarankan untuk menemui dokter. Kemungkinan ada sesuatu mengganjal di dalam liang telinga bisa karena kotoran yang mengeras atau ada pembengkakan.

Dokter dapat menggunakan alat khusus untuk menyedot air atau kotoran dengan hati-hati tanpa melukai isi telinga yang sensitif.



(fds/up)

Source :
health.detik.com