Kata Dokter Soal Tangan atau Kaki yang Bengkak Pasca Operasi Kanker

2 months ago
Posted by news
31 views
Kata Dokter Soal Tangan atau Kaki yang Bengkak Pasca Operasi Kanker


Jakarta, Bengkak pada tangan atau kaki bisa terjadi salah satunya setelah seseorang menjalani operasi untuk mengatasi kanker yang dialami. Nah, bagaimana tanggapan dokter mengenai hal ini?

Menurut dr Toto Imam S SpOG (K)Onk dari RSPAD Gatot Subroto, bengkak pada tangan atau kaki usai operasi merupakan kondisi yang normal. Hal ini biasa terjadi pada pasien kanker payudara dan serviks.

"Kasus kanker payudara sama serviks itu mirip. Kalau operasi payudara kan sampai ketiak maka tangan bisa kena (bengkak), kalau serviks itu kaki yang bengkak," kata dr Toto saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Lebih lanjut, dr Toto menjelaskan penyebab bengkak pada tangan atau kaki terjadi saat pembuluh limfatik dihancurkan dalam proses operasi. Hal ini dilakukan agar sel kanker tidak menyebar ke organ lain di sekitarnya.

Lantas, akibat penghancuran tersebut, cairan dari limfatik tidak dapat mengalir menuju jantung hingga menyebabkan cairan menumpuk. Nah, cairan yang menumpuk tersebut menyebabkan pembengkakan pada tangan atau pun kaki.

"Tapi setiap pembengkakan itu harus dipastikan sebabnya apakah dari pertumbuhan massa atau nggak. Jadi segera ke dokter untuk (diagnosis) lebih lanjut," pungkas dr Toto.

(vit/vit)

Source :
health.detik.com