Kehidupan Perkawinan Berubah Sejak Kehadiran Anak

7 months ago
Posted by news
78 views
Kehidupan Perkawinan Berubah Sejak Kehadiran Anak


Jakarta,







Jawaban

Dear Ibu Elya,

Jika yang Ibu maksudkan normal adalah apakah suami tidak memiliki masalah ejakulasi dini, maka jawabannya suami Anda tidak mengalami permasalahan tersebut. Seseorang yang mengalami ejakulasi dini biasanya tidak dapat mengendalikan ejakulasi setelah terjadinya penetrasi. Tingkat yang paling ringan adalah ejakulasi terjadi setelah hubungan seksual berlangsung dalam beberapa kali gesekan singkat atau sekitar 2-3 menit.

Memang ada suami yang tidak mau berhubungan seksual sejak istri hamil. Sebagian besar alasannya lebih karena faktor psikologis. Beberapa alasannya, takut menyakiti pasangan dan bayi di dalam perut. Beberapa bahkan ada yang sudah merasa sebagai seorang 'ayah' yang merasa perlu melindungi anaknya, bukan bersenang-senang dengan ibunya. Ada juga yang kurang tertarik kepada istri yang berperut besar karena seperti bercinta dengan 'ibu', sehingga ada kebingungan antara peran pasangan sebagai istri atau ibu.

Sedangkan, ketika sudah ada anak, memang ada juga suami yang berkurang minatnya untuk berhubungan seksual. Beberapa alasannya memang seperti yang sudah Anda kemukakan. Beberapa alasan lainnya, ketidaksiapan untuk memiliki anak, ketidaksiapan untuk berbagi pasangan dengan anak, melihat istri bukan lagi sebagai makhluk seksual tetapi ibu dari anaknya, dsb. Bisa jadi juga suami menolak karena alasan yang sangat bertanggung jawab, misalnya tidak ingin anak melihat atau mendengar adegan yang seharusnya hanya untuk orang dewasa.

Ada juga beberapa alasan lain yang berkaitan dengan masalah perkawinan. Kalau Anda sendiri melihat, selain hal terkait dengan seks, bagaimana suami dalam menghadapi perannya sebagai suami dan sebagai ayah sejak kelahiran anak? Bagaimana proses penyesuaiannya? Terkadang, ada juga suami yang tidak mampu mengungkapkan apa yang dirasakan, yang akhirnya berujung pada berkurangnya minat terhadap hubungan seksual.

Jika saat ini anak masih tidur bersama Anda dan suami, coba pisahkan tempat tidur anak. Jika anak sudah tidak menyusu, pisahkan kamarnya secara bertahap. Atau sesekali ajak suami untuk tidur di kamar lain, sementara Anak di kamar Anda berdua. Ingatkan pada diri sendiri bahwa suami bukan 'menolak' Anda. Lakukan hal-hal yang dulu sering Anda lakukan kepadanya dan saat ini sudah sangat jarang dilakukan, yang mungkin terjadi karena kesibukan Anda dengan peran baru sebagai ibu.

Dalam melakukan hal ini tentu saja tidak bisa instan, tetapi akan selalu ada perubahan meskipun kecil, jika dilakukan dengan cara yang baik.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/up)

Source :
health.detik.com