Kisah Bayi yang Lahir dengan Tangan dan Kaki Tambahan

5 days ago
Posted by news
6 views
Kisah Bayi yang Lahir dengan Tangan dan Kaki Tambahan


New Delhi, Saat baru saja lahir, kondisi bayi ini mengejutkan orang tuanya. Bagaimana tidak, bayi ini memiliki tangan dan kaki yang totalnya berjumlah delapan.

Bayi asal Irak itu lantas diterbangkan ke India saat berusia dua minggu untuk menjalani operasi pengangkatan tangan dan kaki tambahan di tubuhnya. Ini merupakan operasi yang rumit dan digelar dalam tiga tahap.

Konsultan ortopedi senior dr Gaurav Rathore dari RS Jaypee, Delhi, menuturkan bayi bernama Karam itu saat lahir memiliki dua tangan dan dua kaki yang normal, meskipun kakinya agak bengkok. Sementara itu ada kaki lain di tubuhnya yang lebih pendek dari ukuran normal dan seperti terbagi menjadi dua tungkai yang terpisah. Lalu di area perut muncul anggota tubuh seperti kaki dan tangan lainnya.

Dikutip dari Daily Mail, operasi tahap pertama dilakukan untuk mengangkat anggota badan yang mencuat dari perut. Selanjutnya dilakukan koreksi juga atas masalah jantung si bayi. Sedangkan prosedur ketiga adalah mengangkat anggota tubuh tambahan lainnya yang masih tersisa.

"Tingkal kerumitan operasi ini sangat tinggi, di mana butuh penanganan hampir delapan jam. Namun kami tidak menghadapi masalah besar," jelas dr Rathore dikutip dari tribuneindia.com

Saat ini Karam sudah berusia 7 bulan dan tampak seperti bayi-bayi lainnya. Namun kata dokter, seiring bertambahnya usia, Karam butuh sejumlah tindakan lainnya.

Karam mengalami polymelia. Ini merupakan kondisi langka di mana kembar siam tidak terbentuk sepenuhnya, sehingga anggota tubuh yang lain 'menyerap' anggota tubuh kembarannya yang belum berkembang. Kelainan ini terjadi saat perkembangan embrio di dalam rahim.

Karam dibawa dari Irak ke India karena India dikenal sebagai pusat 'wisata medis'. Ribuan pasien dari berbagai penjuru dunia catang ke India lantaran image biaya pengobatan yang rendah namun berkualitas tinggi. (vit/up)

Source :
health.detik.com