Kisah Mantan Suami Bantu si Anak Beri Hadiah ke Ibunya yang Jadi Viral

7 months ago
Posted by news
99 views
Kisah Mantan Suami Bantu si Anak Beri Hadiah ke Ibunya yang Jadi Viral


Jakarta, Ayah dua anak bernama Billy Fylnn (36) ini sudah bercerai dengan istrinya. Meski kini sang anak tinggal bersama dia, Billy ingin menunjukkan bahwa perceraian orang tua bukan halangan bagi anak-anaknya untuk tetap menyayangi ayah dan ibunya.

Mulanya, Billy menceritakan kisahnya yang kemudian diunggah di halaman Facebook 'Love What Matters'. Billy menulis di hari ulang tahun mantan istrinya, ia bangun pagi dan membeli bunga, kartu, dan hadiah untuk anak-anaknya yang nantinya bisa diberikan pada ibu mereka.

"Kadang orang bertanya kenapa saya masih melakukan ini untuk mantan istri saya. Ini mengganggu saya. Perlu diketahui, saya merawat dua anak laki-laki. Contoh sederhana bagaimana saya memperlakukan ibunya akan jadi contoh bagaimana nanti mereka akan memperlakukan wanita, dan bagaimana mereka mempersepsikan sebuah hubungan," tulis Billy.

Menurut Billy, contoh-contoh seperti itu tetap bisa ia lakukan meskipun kenyataannya, dia sudah bercerai dengan sang istri.

"Poin utama saya adalah perceraian seharusnya tidak meninggalkan perasaan negatif bagi kedua belah pihak dan kami bisa menunjukkan perilaku dan contoh yang baik untuk anak-anak," tegas Billy kepada Today.

Ia menambahkan, dirinya dan sang mantan istri hanya berpikir betapa pentingnya mencontohkan sikap saling menghormati dan peduli pada anak-anak mereka. Ketika sang anak ingin menunjukkan kasih sayang untuk ayah atau ibunya, mereka tidak bisa melakukan itu sendiri dan bantuan ayah atau si ibu amat diperlukan.

Sebaliknya, mantan istri Billy juga melakukan hal yang sama. Ketika Hari Ayah tiba, sang istri juga membantu kedua anaknya yang berusia 4 dan 8 tahun membeli hadiah untuk ayah mereka. Memang, Billy tak menampik bahwa perceraian bisa mengandung makna positif bagi masyarakat.

"Pesan saya adalah kita harus menunjukkan pada anak-anak bagaimana kita tetap bisa saling menghormati dan peduli dan membantu anak-anak peduli pada orang tuanya. Terlepas dari bagaimana Anda merasakan sesuatu satu sama lain," kata Billy.



Sejak diunggah pada 13 Februari lalu, kisah Billy sudah dibagikan lebih dari 170 ribu kali. Sebanyak 19 ribu lebih netizen juga memberi komentar. Mayoritas dari mereka membagikan pengalamannya menjaga hubungan baik dengan mantan suami atau istri meski sudah bercerai.

Selain itu, ada pula netizen lain yang membagikan pengalamannya sebagai anak yang orang tuanya bercerai. Seperti Jazz Cazares yang mengatakan meski ayah dan ibunya sudah bercerai, si ibu tetap mau membuatkan makanan untuk ketiga anaknya dan sang ayah. Jazz menambahkan si ibu juga memberi kesempatan anak-anaknya berkumpul dan bercengkerama dengan ayah mereka.

Beberapa waktu lalu, psikolog anak dan remaja dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni S.Psi atau yang akrab disapa Carmel menekankan supaya orang tua tetap bisa mempertahankan hubungan baiknya meski sudah bercerai. Sebab, bagaimanapun sosok ayah atau ibu kandung tetap tidak akan tergantikan.

Memang, sosok maskulin atau feminin bisa didapat anak. Misalnya melalui kakek, paman, nenek, bibi, atau bahkan asisten rumah tangga. "Kalau komunikasi ayah dan ibunya aja nggak baik, emosi negatif pun akan lebih mudah keluar. Nantinya secara emosional, anak juga yang jadi korban," kata Carmel.

"Bagaimanapun anak harus tetap berhubungan dengan ibu kandung atau ayah kandungnya. Maka dari itu, penting sekali bagi orang tua bahkan sebelum memutuskan bercerai untuk membuat kesepakatan bahwa hubungan mereka akan tetap baik karena kalau tidak, anak yang akan jadi korban," pungkasnya.

(rdn/up)

Source :
health.detik.com