Makan Sendiri Vs Bareng Teman, Mana yang Bikin Gemuk?

1 month ago
Posted by news
29 views
Makan Sendiri Vs Bareng Teman, Mana yang Bikin Gemuk?


Jakarta, Saat waktunya makan, ada yang suka melakukannya sendirian tapi ada juga yang suka melakukannya bersama-sama dengan orang lain. Di antara kedua kondisi ini, mana yang lebih berisiko bikin gemuk?

Menurut nutrisionis dari Academy of Nutrition and Dietetics, Tamara Melton, RDN, jawabannya adalah makan bersama dengan orang lain. Alasannya, saat makan bersama orang lain, Anda cenderung akan banyak mengobrol. Hal inilah yang membuat Anda tak fokus makan dan lupa seberapa banyak Anda sudah makan.

"Anda juga cenderung akan mengikuti porsi makanan teman Anda. Misalnya Anda sudah kenyang, tapi melihat teman masih makan Anda bisa 'terbawa' dan akan ikutan makan lagi sampai semuanya benar-benar selesai makan," tutur Melton, seperti dikutip dari Huffington Post.



Hal serupa juga disampaikan oleh psikolog dari Southern Illinois University, Mitsuru Shimizu. Ia menuturkan bahwa porsi makan dipengaruhi juga oleh partner makan. Seseorang cenderung akan mengambil porsi makan yang lebih besar saat sedang makan dengan partner yang tubuhnya besar alias gemuk.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Cornell University ini seolah menyiratkan bahwa gemuk bisa menular di meja makan. Bahkan bukan cuma berat badan partner makan, berat badan orang lain yang ada di sekitar meja makan juga bisa mempengaruhi porsi dan nafsu makan.

Pesan yang sebenarnya ingin disampaikan adalah bahwa ketika seseorang makan dengan partner yang kurang menjaga pola makan, maka orang tersebut cenderung akan mengabaikan kesehatannya sendiri.

Dikutip dari The Guardian, studi sebelumnya yang dilakukan oleh psikolog John de Castro juga menemukan hal yang serupa. Ia menemukan bahwa ketika seseorang makan bersama-sama, mereka cenderung akan menjadi makan lebih banyak dibandingkan ketika mereka sendirian.

Menurut de Castro, hal ini bisa terjadi karena efek 'copycat'. Seseorang secara psikis sangat mudah terpengaruh dalam urusan memilih makanan, ketika orang-orang di sekitarnya sudah memilih lebih dulu.



(ajg/vit)

Source :
health.detik.com