Malas Sikat Lidah Secara Rutin? Tak Heran Jika Anda Jadi Bau Mulut

3 months ago
Posted by news
18 views
Malas Sikat Lidah Secara Rutin? Tak Heran Jika Anda Jadi Bau Mulut


Jakarta, Untuk mencegah bau mulut, kebiasaan yang sering dilakukan umumnya hanyalah menyikat gigi dan flossing. Tahukah Anda bahwa menyikat lidah juga berperan penting dalam hal ini?

Terlepas dari kebiasaan makan atau merokok, studi mengungkapkan bahwa daerah yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak adalah tepat di belakang lidah. Oleh karena itu, membersihkan lidah pun menjadi aktivitas rutin yang wajib dilakukan untuk mencegah bau mulut.

Sayangnya, orang seringkali justru lupa menyikat bagian lidah tersebut saat menyikat gigi. Hal tersebut diakui oleh peneliti dari Institute of Dentistry, Queen Mary University London, Prof Robert Allaker dan Dr Abish Stephen. Demikian dikutip dari



"Jika tidak punya alat sikat lidah yang khusus, Anda tetap bisa membersihkan lidah menggunakan sikat gigi secara lembut. Ini merupakan salah satu tindakan penting untuk mencegah bau mulut," ungkap Prof Allaker.

Ditambahkan oleh dokter gigi dari British Society of Dental Hygiene and Therapy, Michaela O'Neill, hindari membersihkan lidah dengan tekanan yang terlalu kasar. Jika demikian, maka permukaan lidah justru bisa luka dan mengakibatkan sariawan. "Tak perlu pasta gigi, karena pada lidah pembersihan yang dilakukan lebih kepada menghilangkan bakteri," lanjutnya.

Yang terpenting, saat membersihkan lidah jangan lupa untuk melakukannya dari arah belakang ke depan, bukan sebaliknya. Mengapa? Dikutip dari Web MD, hal ini dapat mendorong keluar bakteri-bakteri yang menumpuk di bagian belakang lidah. Setelah menyikat secara lembut seluruh permukaan lidah, berkumurlah untuk menyingkirkan sisa bakteri yang sudah terangkat.

Selain menyikat gigi rutin, kebiasaan lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau mulut adalah berkumur dengan mouthwash. Penggunaan mouthwash secara rutin dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.




(ajg/up)

Source :
health.detik.com