Mengapa Pria Cenderung Tak Terlalu Ribet Saat Siapkan Pernikahan?

4 months ago
Posted by news
40 views
Mengapa Pria Cenderung Tak Terlalu Ribet Saat Siapkan Pernikahan?


Jakarta, Saat menyiapkan pernikahan, pria cenderung tak terlalu ribet. Justru, calon mempelai wanita-lah yang sibuk mengurus keperluan pernikahan termasuk yang mendetail. Ditilik dari sisi psikologi, apa sih alasan pria cenderung tak ribet saat menyiapkan pernikahan?

"Karena sepertinya cowok yang penting saya sudah siap nikah ya sudah saya menikah, mau acaranya sepeti apa dia nggak akan ribet," kata psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Tiara Puspita M.Psi., Psikolog atau akrab disapa Tita, saat berbincang dengan detikHealth.

Menurut Tita, untuk itu ketika ada wanita yang merasa pasangannya tidak terlalu bersemangat, sebetulnya perlu disadari pula jika pria bukannya tidak peduli dengan bentuk pernikahannya seperti apa. Tapi, untuk detail-detail kecil misalnya dekorasi atau tema warna saat pernikahan memang tidak terlalu diperhatikan para pria.



"Yang penting kan misalnya, ijab kabul. Kalau memang perlu dekor yang gimana-gimana, kita nggak bisa menyalahkan pihak laki-laki (kalau dia tidak terlalu memperhatikan itu). Kalau kita tahu keterbatasan pasangan dia nggak bisa urusin yang perintilan, ya udah kita yang ambil alih mengurus perintilannya itu," tambah Tita.

Untuk itu, wanita tidak perlu menunggu keputusan si calon suami untuk mengurus 'perintilan' persiapan pernikahan. Sebab, ketika nanti si dia akhirnya akan menyerahkan keputusan pada si wanita, bisa jadi itu hanya membuat si calon mempelai wanita kesal. Menurut Tita, wanita mesti tahu mana yang penting untuk diputuskan bersama.

Misalnya, katering atau venue pernikahan, itu penting diputuskan bersama. Tapi, hal-hal kecil seperti pre-wedding serta dekorasi pernikahan seperti apa, dikatakan Tita umumnya pria akan menyerahkannya ke pihak wanita.

"Kalau kita wanita, udah punya gambaran, dresscode-nya warna ini misalnya. Tapi kalau laki-laki, dia nggak berpikir sampai sejauh itu. Yang penting venue ada, makanan ada, ijab kabul bisa dilaksanakan," pungkas Tita.



(rdn/vit)

Source :
health.detik.com