Mengapa Sakit Kepala Hebat Bisa Muncul Saat Bercinta?

1 month ago
Posted by news
31 views
Mengapa Sakit Kepala Hebat Bisa Muncul Saat Bercinta?


Jakarta, Sebuah penelitian menyebut 1 dari 100 orang bisa mengalami apa yang disebut Headaches Associated with Sexual Activity (HAS) atau sakit kepala saat bercinta. Pria lebih rentan untuk mengalaminya dan penyebab pun diketahui bisa bermacam-macam.

Mayoclinic menyebut sakit kepala saat bercinta ini terbagi menjadi 2 jenis. Jenis pertama muncul sejak rangsang seksual mulai meningkat, sedangkan jenis kedua baru muncul pada detik-detik menjelang orgasme.

Apa yang bisa menyebabkan hal ini? Konsultan seks detikHealth dr Andri Wanananda, MS, mengatakan bisa karena tekanan darah yang memuncak disertai kondisi kolesterol tinggi. Saat bercinta adanya peningkatan aktivitas dapat memicu jantung meningkatkan tekanan darah.



"Patut diketahui, saat hubungan seksual tekanan darah dan denyut nadi meningkat yang mencapai puncaknya saat mendekati ejakulasi dan orgasme. Tapi masih bisa ditoleransi pada pria yang tidak mengidap darah tinggi dan kolesterol darahnya normal," ungkap dr Andri pada detikHealth beberapa waktu lalu.

Menurut Ehsan Ali dari Loyola Medicine HAS memang sebagian besar disebabkan oleh sesuatu yang tidak berbahaya. Hanya saja seseorang tetap perlu waspada karena ada kemungkinan HAS datang karena merupakan gejala penyerta kondisi lain.

Sebagai contoh bisa karena ada pendarahan, tumor, stroke, aneurisma otak, hingga meningitis. Yang patut diwaspadai adalah bila sakit kepala datang dengan hebat sampai menimbulkan gejala saraf seperti hilang kesadaran, muntah-muntah, hingga nyeri yang tak kunjung reda lebih dari 24 jam.

"Saya tahu orang-orang malu, tapi jangan ragu untuk menemui dokter karena kami akan mendengarkan keluhan apa saja... Meski seringnya kondisi ini jinak tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab lain yang serius," pungkas Ehsan.

(fds/vit)

Source :
health.detik.com