Mengenal Myeloma, Kanker Darah yang Kerap 'Terlupakan'

4 months ago
Posted by news
85 views
Mengenal Myeloma, Kanker Darah yang Kerap 'Terlupakan'


Jakarta, Dibandingkan kanker darah lain seperti leukemia, penyakit myeloma masih jarang dikenal. Seperti apa fakta sebenarnya tentang penyakit ini?

Dokter spesialis penyakit dalam dari RS Pondok Indah, dr Toman L. Toruan, SpPD, KHOM, menjelaskan bahwa myeloma merupakan salah satu jenis kanker darah yang ditandai dengan pertumbuhan tidak terkendali dari sel darah plasma dalam darah.

Kondisi ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar dari salah satu imunoglobulin dalam tubuh.

"Dalam tubuh manusia itu ada 5 imunoglobulin, yakni G, M, A, D dan E. Pada pasien myeloma, kadar salah satu imunoglobulin tersebut meningkat secara bermakna, sehingga daya tahan tubuh turun dan pasien mudah infeksi," tutur dr Toman dalam diskusi media di SCBD, Jakarta, Kamis (27/4/2017).



Dibandingkan dengan jenis kanker darah lainnya seperti leukemia, dr Toman menyebut myeloma masih jarang dibincangkan. Padahal penyakit ini juga mematikan apabila terlambat diobati.

"Kematian bisa terjadi ketika myeloma terlambat ditemukan. Nah, keluhan myeloma sendiri tidak khas, sehingga diagnosisnya sering telat," imbuhnya.

Penyebab dari myeloma sendiri dikatakan oleh dr Toman bersifat multifaktor alias terdiri dari banyak penyebab. Kanker pada umumnya tidak dicetuskan hanya dari satu jenis penyebab saja. Ada yang sifatnya genetik, tapi bisa juga akibat paparan tinggi dari radiasi dan zat kimia.

Dari segi kelompok usia, myeloma paling banyak menyerang kelompok usia di atas 60 tahun dengan puncaknya pada usia 65 sampai 74 tahun. Gejala yang umumnya dicurigai sebagai myeloma yakni kadar kalsium dalam darah meningkat, kreatinin darah meningkat, anemia dan tulang keropos hingga menimbulkan nyeri. (ajg/up)

Source :
health.detik.com