Mumpung Weekend, 3 Ide Sederhana Ini Bisa Anda Coba untuk Main Bersama Anak

1 year ago
Posted by news
146 views
Mumpung Weekend, 3 Ide Sederhana Ini Bisa Anda Coba untuk Main Bersama Anak


Jakarta, Untuk bermain bersama anak, Anda tak perlu keluar banyak uang membeli aneka mainan. Karena hal-hal sederhana bisa digunakan untuk bermain.

"Nggak perlu mainan yang banyak, karena yang paling penting itu keterlibatan orang tua," kata psikolog Rini Hildayani, M.Si dalam media gathering Nestlé LACTOGROW Happy Date di Luna Negra Cafe, Plaza Bapindo, Citibank Building, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

"Nggak jaminan mainan yang banyak otomatis kemampuan (sensorik maupun motorik) anak akan optimal kalau nggak ada keterlibatan (orang tua) untuk meningkatkan kemampuan anak," imbuhnya.

Nah, mumpung sekarang sedang weekend, tidak ada salahnya Anda mencoba permainan sederhana yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Bahkan permainan ini tidak butuh biaya banyak lho. Permainan seperti apa?



1. Bermain Tanpa Alat

Bermain tanpa alat? Bisa kok dilakukan. Misalnya dengan bermain suap-suapan antara orang tua dengan anak. Ambil piring berisi makanan favorit keluarga, lalu ajak anak untuk saling menyuap dengan orang tua. Cobalah, ini bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

Bisa juga bermain pura-pura menyeberang sungai. Anda cuma perlu menaruh beberapa barang seperti buku di lantai rumah, ajak anak untuk membayangkan beberapa buku itu adalah batu dan buaya. Lalu ajak anak pura-pura menyeberangi sungai.

Katakan pada anak, kadang anak perlu jinjit, melompat dan berlari untuk menghindari buaya. Nah, dari sini, anak bisa belajar bagaimana berjinjit dan sebagainya.

2. Menggunakan kertas

Di rumah ada kertas bekas? Bisa lho dijadikan saran bermain bersama anak. Selain bermain melipat kertas menjadi aneka bentuk seperti pesawat terbang, burung dan sebagainya, ada permainan lain yang bisa dilakukan menggunakan kertas.

Gunakan selembar kertas, bisa kertas koran atau kertas HVS seukuran tangan. Tangkupkan telapak tangan Anda dan anak secara berhadapan, dengan menyisipkan kertas di tengahnya. Ajak anak untuk membawa kertas tersebut hingga ke tempat tertentu.



3. Menggunakan Buih Sabun

Anak-anak biasanya menyukai buih sabun. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, hanya tingal mencampur sabun dengan air, kadang ada yang menambahkan gula atau garam agar gelembung lebih tahan lama alias tidak mudah pecah.

Untuk peniupnya, Anda bisa mengunakan lidi yang ujungnya dilengkungkan hingga membentuk lingkaran. Lalu gunakan pangkal lidi sebagai pegangan.

Setelah mengajak anak bersama-sama membuat 'ramuan' gelembung sabun, mainkan bersama di halaman rumah atau di taman. Minta anak untuk memecahkan gelembung-gelembung sabun yang tercipta. Atau bisa juga meminta anak untuk menjaga satu gelembung terbesar agar tidak jatuh.

"Caranya tiup-tiup saja gelembungnya dari bawah. Orang tua dan anak bisa kerjasama untuk menjaga gelembung agar tidak sampai jatuh ke tanah," ucap Rini memberi ide.




(vit/ajg)

Source :
health.detik.com