Nekat Minum Obat yang Sudah Kedaluwarsa, Aman atau Tidak?

3 months ago
Posted by news
55 views
Nekat Minum Obat yang Sudah Kedaluwarsa, Aman atau Tidak?


Jakarta, Saat hendak meminum obat, jangan lupa untuk selalu memeriksa terlebih dahulu tanggal kedaluwarsanya ya. Jika sudah lewat dan Anda ragu tentang keamanan penyimpanannya, lebih baik hindari mengonsumsi obat tersebut.

Menurut pakar farmakologi dari Dartmouth Hitchcock Medical Center, David Nierenberg, selain tanggal kedaluwarsa Anda juga harus memerhatikan cara penyimpanan obat. Sebab meskipun belum melewati tanggal kedaluwarsa, namun jika disimpannya sembarangan, maka komponen di dalam obat juga berpotensi menjadi rusak.

Jika kondisinya sudah demikian dan tetap dikonsumsi, maka efek yang terjadi justru bisa jadi berbahaya. Selain mengganggu kesehatan lambung dan sistem pencernaan, organ lain seperti hati dan ginjal juga bisa terkena dampaknya.

Baca juga:

"Penyimpanan yang tepat berarti obat tidak terpapar suhu terlalu panas atau dingin. Hindari juga obat dari paparan sinar matahari langsung atau suhu terlalu lembab," tutur Nierenberg, seperti dikutip dari The Huffington Post.

Secara khusus, Nierenberg mengungkapkan bahwa jenis obat seperti obat-obatan cair sebaiknya dihindari dikonsumsi setelah kedaluwarsa, meskipun kondisinya tampak baik. Ini karena ketika botol sterilnya sudah dibuka, maka cairan obat menjadi sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri.

"Itu terutama terjadi pada obat tetes mata. Selain memerhatikan tanggal kedaluwarsa, Anda juga perlu memastikan tak menyentuh ujung botolnya agar tak terkontaminasi," pesan Nierenberg.

Konsumsi antibiotik yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa juga harus dipikirkan kembali. Menurut Nierenberg, konsumsi antibiotik biasanya diberikan jika Anda mengalami infeksi. Nah, ketika antibiotik tersebut kondisinya sudah tak sempurna, bukan tak mungkin yang terjadi justru infeksi Anda akan semakin parah.

"Agar aman, sebaiknya hindari konsumsi obat yang sudah kedaluwarsa. Konsultasikan dengan dokter jika ragu. Membeli obat baru tampaknya bisa menjadi salah satu cara yang paling aman," imbuhnya.

Baca juga: (ajg/vit)

Source :
health.detik.com