Penelitian Ini Ungkap Kemiripan Manusia dengan Mamalia Lain Saat BAB

5 months ago
Posted by news
58 views
Penelitian Ini Ungkap Kemiripan Manusia dengan Mamalia Lain Saat BAB


Jakarta, Seperti halnya manusia, mamalia atau hewan menyusui lainnya juga butuh BAB (Buang Air Besar). Para ilmuwan mengungkap satu kesamaan ketika proses tersebut berlangsung, yakni semua butuh waktu selama 12 detik.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Soft Matter, para ilmuwan menyebut mamalia mengeluarkan kotoran dengan mekanisme tertentu untuk meminimalkan durasi. Ini berlaku pada mamalia berukuran kecil maupun besar, mulai dari tikus hingga gajah.

"Bau kotoran menarik predator, dan berbahaya bagi binatang. Kalau mereka berlama-lama BAB, mereka mengekspose diri sendiri dan berisiko ketahuan," kata sang ilmuwan, Patricia Yang dari Georgia Institute of Technology, dikutip dari Newscientist.com, Kamis (27/4/2017).

Dalam penelitiannya, Yang mengamati rekaman berbagai spesies mamalia saat BAB. Dari yang ukurannya 4 kg hingga 4.000 kg, rerata waktu yang dibutuhkan saat BAB teramati konsisten.

Hal lain yang juga konsisten dalam pengamatan hidrodinamika tersebut adalah rerata panjang kotoran, yakni 5 kali diameter rektum atau dubur mamalia tersebut. Selain itu, tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong kotoran keluar dari dubur juga konsisten.

Terkait diet atau pola makan, Yang menemukan dua jenis kotoran pada mamalia yakni yang mengapung dan yang tidak mengapung. Kotoran yang tidak mengapung ditemukan pada karnivora berukuran besar seperti beruang, harimau dan singa. Sementara kotoran yang mengapung ditemukan pada herbivora yang banyak mengonsumsi pakan dengan kandungan serat tinggi, seperti panda, gajah dan kanguru.







(up/vit)

Source :
health.detik.com