Pengantin Baru Langsung Ber-KB, Adakah Efek Sampingnya?

7 months ago
Posted by news
134 views
Pengantin Baru Langsung Ber-KB, Adakah Efek Sampingnya?


Jakarta, Segera memiliki momongan adalah cita-cita pasangan di awal pernikahan. Namun, ada pula pasangan yang belum berharap demikian.

Bagi pengantin baru yang langsung ber-KB adakah efek sampingnya?

Diungkapkan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, RSUD dr Soetomo - Universitas Airlangga, Surabaya, dr Hari Nugroho, SpOG, adalah keliru jika ada anggapan bahwa menggunakaan kontrasepsi sebelum punya anak dapat menghambat kehamilan di kemudian hari. Kenyataannya setelah menikah wanita diperbolehkan langsung memakai alat kontrasepsi meski belum pernah melahirkan.

"Pemakaian kontrasepsi tidak terbatas usia sebetulnya. Tidak perlu takut kandungan kering seperti mitos yang tidak benar yang beredar di masyarakat. Boleh melakukan kontrasepsi segera setelah menikah", imbuh dr Hari, sapaan akrabnya.

Baca juga:

Demikian juga dengan pemilihan alat kontrasepsi. Menurut dr Hari, metode kontrasepsi sesungguhnya sangat personal, dalam artian tergantung kecocokan satu dengan lainnya. Sebab tidak semua yang cocok pada seorang wanita maka akan cocok pada wanita lain.

"Tidak ada alat kontrasepsi terbaik, adanya adalah yang paling cocok. Setiap orang mempunyai kecocokan yang berbeda. Apabila Anda tidak keberatan minum obat setiap hari dan bukan orang yang mudah lupa, bisa memakai pil KB," jelasnya lagi.

Mengenai efek samping, pada umumnya kembali lagi pada kontrasepsi yang digunakan. Pada pil KB di awal pemakaian kadang memberikan perasaan mual dan kadang timbul flek-flek di wajah. Sementara pada pemakaian spiral mengakibatkan perdarahan haid yang lebih banyak dari biasanya selama sekitar 4 bulan setelah pemasangan dan sebagian besar akan berangsur-angsur membaik hingga akhirnya menjadi normal.

"Apabila tidak keberatan dilakukan pemasangan spiral di dalam rahim, maka bisa dicoba menggunakan spiral. Spiral ini sangat nyaman sebetulnya, karena pemasangan sekali dapat digunakan untuk kontrasepsi hingga 5 tahun," tutur pemilik akun Twitter @drharinugroho.

Baca juga:

dr Hari menyarankan agar pasangan berkomunikasi dengan dokter keluarga untuk memilih kontrasepsi yang paling cocok untuk Anda dan pasangan agar tak ada keluhan pasca pemakaian kontrasepsi tersebut.(hrn/vit)

Source :
health.detik.com