Polusi Udara Benar-benar Bisa Bikin Hidung Mampet Menahun

4 months ago
Posted by news
44 views
Polusi Udara Benar-benar Bisa Bikin Hidung Mampet Menahun


Jakarta, Hidung selalu mampet dan sulit mencium bau? Bisa jadi sebabnya bukan karena flu atau pilek. Pakar menyebut polusi udara benar-benar bisa menyebabkan masalah saluran bagi saluran pernasapan.

Murray Ramanathan, MD, pakar telinga, hidung, tenggorok dan bedah kepala leher dari Johns Hopkins University School of Medicine mengatakan kaitan antara polusi udara dengan penyakit saluran napas bawah seperti asma sudah banyak dibuktikan. Namun studi terbaru ini menyebut efek polusi juga terasa di bagian hidung dan saluran napas atas.

"Polusi udara yang berasal dari memasak dengan kayu atau asap pabrik memiliki kandungan polutan yang tinggi. Studi kami menyebut polutan ini bisa menyebabkan masalah sinus kronis," tutur Murray, dikutip dari EurekAlert!.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology ini, Murray memberikan paparan polutan berukuran 2,5 mikrometer kepada 19 mencit. Paparan diberikan secara berkala selama 6 jam per hari, 5 hari per minggu.

Studi dilakukan selama 16 minggu. Hasil penelitian menyebut adanya tanda-tanda peradangan pada hidung mencit, salah satunya adalah kandungan sel darah putih makrofag, neutrofil dan eosinofil yang 4 kali lebih banyak daripada normal.

"Eosinofil merupakan sel darah putih yang muncul akibat adanya peradangan, dan biasanya ditemukan pada pengidap asma. Bisa dibilang paparan polusi udara menyebabkan terjadinya asma tapi di bagian hidung," papar Murray lagi.

Gejala peradangan yang terjadi membuat seseorang bisa mengalami sinusitis yang ditandai dengan hidung tersumbat, nyeri pada bagian wajah dan sulit mencium bau. Untuk itu, hindari paparan asap dan polusi udara lainnya sebisa mungkin.

"Di Amerika Serikat peraturan soal polusi udara cukup ketat. Namun di bagian lain dunia seperti New Delhi, Kairo atau Beijing, kewaspadaan soal ini harus terus ditingkatkan," tutupnya.

(mrs/vit)

Source :
health.detik.com