Punya Gejala Mirip, Begini Cara Bedakan Pilek dan Flu

6 days ago
Posted by news
10 views
Punya Gejala Mirip, Begini Cara Bedakan Pilek dan Flu


Jakarta, Di musim hujan biasanya seseorang akan mudah untuk terkena sakit flu atau pilek. Hanya saja karena gejalanya mirip kadang orang awam menyamakan keduanya.

Padahal menurut Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) kedua penyakit tersebut disebabkan oleh hal yang berbeda. Flu disebabkan oleh virus influenza sementara pilek antara lain disebabkan oleh rhinovirus.

Bagaimana cara mengetahui pastinya? Menurut CDC untuk tahu pasti bisa dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Hanya saja langkah tersebut jarang dilakukan karena umumnya hasil akhir tidak akan terlalu berpengaruh mengubah anjuran terapi yang perlu dilakukan.

Tapi tetap ada beberapa karakteristik yang bisa menjadi pembeda. Pertama dari cara munculnya gejala, pilek akan datang perlahan-lahan sementara flu bisa tiba-tiba. Lalu setelah itu secara umum gejala untuk flu lebih berat daripada pilek.

Khusus untuk flu ada kemungkinan besar seorang pasien terkena demam dan sakit kepala yang parah. Sementara itu khusus untuk pilek gejala seperti bersin-bersin, radang tenggorokan, dan hidung tersumbat lebih sering terjadi.

Lebih jauh lagi flu dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia atau infeksi bakteri. Sedangkan untuk pilek hal tersebut sangat jarang menyebabkan komplikasi.

Menurut CDC apapun penyakitnya (flu atau pilek), seorang pasien biasanya akan sembuh sendiri. Hanya saja perlu diwaspadai apabila gejala tidak kunjung reda atau malah bertambah parah.

(fds/vit)

Source :
health.detik.com