Remaja yang Kurang Puas dengan Bobot Tubuhnya

5 months ago
Posted by news
59 views
Remaja yang Kurang Puas dengan Bobot Tubuhnya


Jakarta,



Jawaban:

Halo Dik Rosita,

Dik, kakak beri saran ya. Janganlah membuat angka timbangan menjadi patokan kebahagiaan Kamu, you are more than just a number on the scale.
Jika mengacu pada BMI (body mass index), BMI Kamu adalah 19,9 jadi masih dalam kategori rentang sehat dan menjurus ke kurus. Mohon perhatikan kata sehat ya Dik, karena tidak ada acuan scientific berat 'ideal'. Ideal bagi setiap individu itu berbeda maka mengaculah pada menjadi sehat. Lagipula, penambahan massa lemak pada wanita yang sudah menstruasi merupakan hal alamiah, karena kita sedang dipersiapkan untuk menjadi seorang ibu di masa mendatang.

Sebagai contoh, untuk orang-orang Asia Timur dan Tenggara menjadi kurus (bahkan underweight) dan putih adalah ideal. Namun bagi orang Western, menjadi tanned (kulit cokelat) adalah ideal. Mulai mengerti maksud saya?

Orang-orang yang selalu fokus mengomentari berat maupun bentuk badan kamu adalah negative influence yang sebaiknya Kamu tidak acuhkan. Karena orang yang positive akan melihat pada kelebihan dan keunikan yang kamu punya, daripada selalu melihat kekurangan pada diri orang lain.

Saya tidak akan memberikan panduan diet weight loss untuk anak remaja dan di bawah umur melalui medsos karena bertentangan dengan etika saya sebagai health professionals. Jika bertemu konsultasipun harus berkelompok dengan orang tua, agar pemahamannya bisa baik dan menyeluruh. Namun melihat BMI mu saya tidak menyarankan menjalankan weightloss apapun karena sudah kategori sehat dan tidak gemuk.

Ok Dik, semoga Kamu bahagia dan selalu percaya diri ya.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga http://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/vit)

Source :
health.detik.com