Saat Susah Tidur di Malam Hari, Apa yang Biasanya Kamu Lakukan?

1 month ago
Posted by news
34 views
Saat Susah Tidur di Malam Hari, Apa yang Biasanya Kamu Lakukan?


Jakarta, Manusia setidaknya butuh waktu 8 jam untuk tidur supaya fit kembali pada keesokan harinya. Sayangnya tidak semua hal ideal, termasuk soal pemenuhan jam tidur ini. Beberapa orang mengalami susah tidur malam alias insomnia.

Nah, berkaitan dengan ini, detikHealth membuka survei kecil-kecilan untuk sekadar ingin tahu apa yang pembaca lakukan ketika mengalami insomnia. Survei digelar melalui Twitter pada Rabu (26/4/2017).

Apa hasilnya? Ternyata pembaca lebih banyak memilih bermain gadget selama mata sulit dipenjamkan. Ya, pilihan menggunakan gadget saat dilanda insomnia dipilih sebanyak 76 persen pembaca.


Lalu, sebanyak 10 persen pembaca memilih membaca buku sebagai cara yang bisa diandalkan untuk mengatasi insomnia. Ini seperti yang dilakukan oleh salah satu pemilik akun Twitter @nur_hudayah. Konon cara lama ini dipercaya ia dapat mengantarkan untuk cepat tidur. "Baca buku fisika, dijamin efektif, he he," tulisnya.

Sementara di posisi ke-3, hanya selisih 1 persen saja, yakni 9 persen, pembaca memilih untuk bersih-bersih rumah sambil menunggu datangnya kantuk. Hal ini sesuai dengan teori yang ada di buku 'One Second Ahead: Enhance Your Performance at Work with Mindfulness', aktivitas perseptual atau kegiatan santai yang tidak membuat seseorang banyak berpikir ini bila dilakukan 60 menit sebelum waktu tidur ditengarai bisa menangkap gelombang melatonin sehingga tidur jadi lebih baik.

Kemudian di posisi terakhir sebanyak 5 persen, mengemil dipilih pembaca untuk menghalau susah tidur.

Insomnia sering kali dianggap wajar. Akan tetapi Anda juga harus ingat bahwa insomnia yang dibiarkan bisa merusak kesehatan. Ahli saraf Claudia Aguirre pada TED-Ed menjelaskan ketika seseorang kekurangan tidur yang terjadi adalah kehilangan kemampuan fokus. Di samping itu, pada jangka panjang terdapat berbagai risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kegemukan.

(hrn/vit)

Source :
health.detik.com