Studi: Autisme pada Anak Bisa Dideteksi Dini Lewat Scan Otak

7 months ago
Posted by news
103 views
Studi: Autisme pada Anak Bisa Dideteksi Dini Lewat Scan Otak


Jakarta, Autisme biasanya baru dapat dideteksi pada seorang anak setelah munculnya gejala. Namun, studi baru-baru ini menyebutkan autisme dapat dideteksi lebih awal dengan melakukan scan otak.

Studi yang diterbitkan di jurnal Nature menyebutkan 'benih-benih' autisme bisa muncul lebih awal daripada gejalanya, yakni di masa awal kehidupan. Diketahui, satu dari 100 orang memiliki autisme yang dapat berdampak pada perilaku dan interaksi sosial.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan anak dengan diagnosis autisme. Peneliti ingin melihat perbedaan awal yang muncul pada bagian fungsi otak yang penting seperti bahasa atau cerebral cortex.

"Pada awal tahun pertama kehidupan dapat dilihat perbedaan daerah otak. Hal ini pun melebihi gejala yang orang awam ketahui menganai autisme," kata dr Heather Hazlett, salah satu peneliti di University of North California.

Baca juga:

"Melakukan scan otak pada anak, khususnya anak yang memiliki risko tinggi terhadap autisme dapat memberikan diagnosis awal pada anak," sambung dr Hazlett dikutip dari .

Jika autisme dapat didiagnosis lebih awal, maka terapi perilaku seperti melatih orang tua berinteraksi dengan anak autis dapat diperkenalkan lebih dini.

Sementara itu, Carol Povey, direktur National Autistic Society's Centre for Austisme mengatakan scan MRI (Magnetic Resonance Imaging) pada kasus autisme mungkin dapat membantu keluarga yang sudah memiliki anak autis untuk mengetahui diagnosis awal pada anak berikutnya. "Artinya anak-anak lain dapat menerima dukungan sedini mungkin," imbuh Povey.

Namun, Povey mengingatkan bahwa autisme dapat muncul dengan gejala lain. Sehingga, tidak ada tes tunggal yang memungkinkan untuk mengidentifikasi potensi autisme pada anak.

Baca juga: (rdn/up)

Source :
health.detik.com