Studi: Gerakan Salat Dapat Bantu Redakan Nyeri Pinggang

8 months ago
Posted by news
61 views
Studi: Gerakan Salat Dapat Bantu Redakan Nyeri Pinggang


Jakarta, Salat adalah ritual berdoa yang umum dilakukan oleh para pemeluk agama Islam. Menurut studi gerakan tubuh yang terkandung di dalam salat, seperti menunduk dan sujud, bila dilakukan dengan benar maka dapat meredakan keluhan lower back pain atau umum disebut nyeri pinggang.

Hal tersebut terungkap setelah para peneliti dari Binghamton University menganalisa statistik model digital dari orang Indian, Asia, dan Amerika lalu membandingkannya dengan model digital orang dengan nyeri pinggang.

Baca juga:

Diketahui menunduk adalah postur tubuh yang menempatkan beban paling berat pada punggung bawah. Namun pada penderita nyeri, menunduk dapat dilakukan secara minim keluhan dengan sudut lutut dan punggung yang baik seperti pada gerakan salat.

"Kekuatan tekanan maksimum yang dihasilkan pada gerakan salat masih jauh di bawah batas aman National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH). Gerakan salat dapat dianggap sebagai terapi untuk nyeri pinggang karena melibatkan banyak gerakan tubuh dan dilakukan rutin," ungkap salah satu peneliti Professor Mohammad Khasawneh seperti dikutip dari Science Daily, Selasa (7/3/2017).

Dipublikasi dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering Prof Khasawneh mengatakan ketika gerakan salat dilakukan dengan sudut yang keliru maka bisa memicu nyeri lebih besar. Studi lebih lanjut akan dilakukan untuk melihat bagaimana efek gerakan salat pada orang dengan bentuk tubuh ekstrem seperti mereka dengan kecacatan atau wanita hamil.

"Satu cara untuk melihatnya adalah gerakan salat ini mirip yoga atau olahraga terapi fisik lain yang sering digunakan untuk mengobati nyeri pinggang," pungkas Prof Khasawneh.

Baca juga: (fds/vit)

Source :
health.detik.com