Studi: Golongan Darah Turut Pengaruhi Risiko Impotensi Pria

2 months ago
Posted by news
41 views
Studi: Golongan Darah Turut Pengaruhi Risiko Impotensi Pria


Jakarta, Penyebab impotensi biasanya tak jauh-jauh dari faktor usia, obesitas atau penyakit yang diderita semisal diabetes. Akan tetapi penelitian dari Turki mengungkap golongan darahnya ikut berpengaruh.

Alasan ini tentu mengejutkan bagi banyak orang, karena sebelumnya tidak pernah ada penelitian yang mengungkap tentang hal ini.

Hingga kemudian tim peneliti dari Ordu University di Turki merekrut 350 pria berusia 60-an dan membagi mereka ke dalam dua grup. Pembagian ini didasarkan pada kemampuan ereksi mereka. Masing-masing partisipan juga diambil sampel darahnya.

Hasilnya, pria yang memiliki golongan darah A, B, dan AB berpeluang paling tinggi terkena impotensi. Bahkan peneliti mengatakan peluang mereka untuk terkena impotensi bisa mencapai tiga hingga empat kali lipat.

Sedangkan untuk pria bergolongan darah O, hanya 16 persen yang mengalami kesulitan ereksi, padahal ada 42 persen pria bergolongan darah A yang merasakannya. Demikian seperti dilaporkan .

Peneliti semakin yakin dengan temuan ini setelah mempertimbangkan faktor risiko impotensi lain seperti merokok atau tekanan darah tinggi, nyatanya perbedaannya tetap signifikan.

Baca juga:

Hanya saja peneliti tidak dapat memberikan penjelasan bagaimana golongan darah bisa mempengaruhi performa seksual seseorang, tetapi teori bahwa golongan darah mempengaruhi kesehatan seseorang secara menyeluruh sudah lama diketahui.

Sejak saat itu, golongan darah dikaitkan dengan risiko berbagai kondisi yang bisa dialami seseorang, seperti penyakit jantung, kanker hingga tingkat kesuburan.

Misalnya pemilik golongan darah O. Ada teori bahwa pria bergolongan darah O memiliki risiko genetik yang lebih rendah untuk terserang sejumlah gangguan kesehatan seperti tingkat kolesterol yang tinggi sehingga mengganggu aliran darah ke organ penting seperti jantung dan kemaluan, yang kemudian dapat memicu disfungsi ereksi.

Baca juga:

Menanggapi studi ini, Dr David Goldmeier, ahli kesehatan seksual dari Imperial College London mengatakan, pria dengan golongan darah A, B dan AB memang harus ekstra hati-hati dengan kesehatan mereka, utamanya untuk memastikan kesehatan jantung dan kehidupan seksual mereka.

"Untuk itu mereka harus lebih tekun dalam menjaga kesehatan mereka dengan olahraga rutin dan makan sehat untuk mencapai target itu," sarannya.(lll/vit)

Source :
health.detik.com