Studi: Hewan Peliharaan Pangkas Risiko Sakit Jantung dan Stres

18 days ago
Posted by news
16 views
Studi: Hewan Peliharaan Pangkas Risiko Sakit Jantung dan Stres


Jakarta, Anda berniat memelihara hewan? Selain melatih kesabaran, studi ungkap memiliki hewan peliharaan juga bermanfaat bagi kesehatan lho. Hal ini bahkan disebut-sebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Para peneliti sempat menduga manfaat ini datang dari bertambahnya latihan fisik yang dilakukan bagi pemilik hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Umumnya, hewan-hewan ini senang diajak jalan keluar rumah, sehingga pemiliknya tanpa sadar akan ikut banyak berjalan juga.

Beberapa studi lainnya juga menemukan bahwa pemilik anjing, terutama kaum pria, umumnya memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih sehat. Menurut sebuah penelitian di Jepang, pemilik hewan peliharaan seperti anjing juga 54 persen lebih mungkin untuk tetap aktif bergerak, dibandingkan dengan mereka yang tidak punya hewan peliharaan.

Tingginya frekuensi latihan ini kemudian berdampak pada kestabilan kolesterol dalam darah. "Kepemilikan hewan peliharaan, khususnya anjing atau kucing, sangat mungkin dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung," ungkap peneliti Glenn N. Levine, MD, seperti diulas dalam jurnal American Heart Association.

Para peneliti di State University of New York di Buffalo juga menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu mencegah stres atau depresi. Ini karena pemilik hewan peliharaan umumnya merasa memiliki 'teman', sehingga tidak pernah merasa sendiri, yang biasanya berujung pada stres dan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari News Max Health, memiliki hewan peliharaan dan menjadikannya sebagai 'teman curhat' juga membantu meningkatkan pelepasan oksitosin dan menurunkan hormon pemicu stres seperti kortisol.

Sebuah studi dari University of California di Los Angeles juga menemukan bahwa antara angka kejadian stres dan status kepemilikan hewan peliharaan cenderung memiliki keterkaitan. Oleh sebab itu, orang dengan faktor risiko stres tinggi sangat dianjurkan untuk memiliki hewan peliharaan yang paling disenangin.

(ajg/vit)

Source :
health.detik.com