Studi: Jumlah Pengidap Diabetes di Kalangan Anak dan Remaja Meningkat

3 months ago
Posted by news
53 views
Studi: Jumlah Pengidap Diabetes di Kalangan Anak dan Remaja Meningkat


Jakarta, Kasus diabetes tipe 1 maupun tipe 2 semakin banyak terjadi pada golongan muda, termasuk anak-anak dan remaja. Hal ini dibuktikan oleh studi terbaru dari Amerika Serikat.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat bekerja sama dengan National Institute of Health melakukan studi SEARCH for Diabetes in Youth. Penelitian dilakukan sejak tahun 2002 hingga 2012 dan ditujukan bagi anak-anak dan remaja berusia di bawah 20 tahun.

Penelitian dilakukan kepada 11.244 pasien diabetes tipe 1 dengan usia 0-19 tahun dan 2.846 pasien diabetes tipe 2 berusia 10-19 tahun. Partisipan berasal dari berbagai ras dan kelas ekonomi di Amerika Serikat.



"Semakin muda seseorang mengidap diabetes, semakin tinggi pula risiko komplikasi menyerang ketika mereka masih dalam usia produktif. Hal ini tentunya akan mengurangi kualitas hidup, memperpendek angka harapan hidup dan meningkatkan biaya berobat ke rumah sakit," tutur Giuseppina Imperatore, pakar epidemiologi dari CDC, dikutip dari .

Hasil penelitian menyebut jumlah kasus baru diabetes tipe 1 meningkat 1,8 persen tiap tahunnya. Kenaikan cukup besar terjadi pada diabetes tipe 2, di mana jumlah kasus baru meningkat 4,8 persen tiap tahunnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, peneliti juga menemukan peningkatan kasus baru diabetes tipe 2 lebih umum terjadi pada wanita (6,2 persen) daripada pria (3,7 persen). Di sisi lain, kasus baru diabetes tipe 1 lebih tinggi pada pria (2,2 persen) daripada wanita (1,4 persen).

Barbara Linder, pakar diabetes anak dari NIH mengatakan hasil penelitian ini bisa menjadi bahan penelitian lanjutan. Salah satunya adalah mengapa terjadi perbedaan antara peningkatan kasus diabetes tipe 1 dan 2 pada pria dan wanita.

"Setelah ditemukan adanya perbedaan ini, langkah selanjutnya adalah memahami mengapa hal ini terjadi. Satu fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah jumlah pengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, terus meningkat setiap tahunnya," tutur Linder.



(mrs/up)

Source :
health.detik.com