Studi: Menikah dan Rutin Bercinta Bikin Pria Jadi Panjang Umur

7 months ago
Posted by news
90 views
Studi: Menikah dan Rutin Bercinta Bikin Pria Jadi Panjang Umur


Jakarta, Selain menerapkan gaya hidup sehat, ada hal lain yang juga bisa membuat pria awet muda dan panjang umur: menikah dan rutin bercinta.

Demikian hasil studi yang dilakukan oleh pakar dari Harvard Medical School dan dikutip dari Medical Daily. Disebutkan bahwa pria yang sudah memiliki pasangan resmi, dalam hal ini menikah, cenderung hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lajang.

Dalam studi ini, dilakukan survei terhadap lebih dari 127 ribu warga Amerika berusia rata-rata 25 tahun. Ditemukan bahwa pria yang menikah memiliki gaya hidup keseluruhan yang lebih sehat dibandingkan mereka yang lajang. Semakin lama usia pernikahan, semakin besar pula manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Diduga kuat manfaat sehat ini adalah karena pria dengan pasangan resmi cenderung lebih serius dalam menerapkan gaya hidup sehat. Selain karena pasangan bisa mengingatkan secara rutin, komitmen untuk hidup sehat dan sehat menjadi lebih kuat ketika seorang pria sudah berkeluarga. Ini karena persepsi mereka tentang hidup lama dan masa depan menjadi lebih matang seiring usia pernikahan.



Terlebih ketika pernikahan tersebut sudah dianugerahi oleh kehadiran buah hati, pria cenderung akan semakin memikirkan kesehatannya sebagai keinginan untuk 'menjaga kehidupan anak'. Studi baru-baru ini dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa pria dan wanita dengan seorang anak rata-rata memiliki usia yang lebih panjang.

Kaitan antara pernikahan dan panjang umur pada pria juga dikaitkan dengan rutinitas bercinta. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam BMJ (British Medical Journal) menyebutkan bahwa aktivitas seksual dapat memberikan efek perlindungan terhadap kesehatan pria. Berdasarkan studi, pria yang rutin bercinta memiliki angka harapan hidup lebih tinggi hingga 8 tahun lamanya.

Disebutkan juga bahwa rutin bercinta dan orgasme membantu menjaga keseimbangan produksi hormon dalam tubuh, serta meredakan stres dan pada akhirnya membantu mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

(ajg/up)

Source :
health.detik.com