Studi Temukan Cara Terbaik Move On dari Mantan Kekasih

1 month ago
Posted by news
32 views
Studi Temukan Cara Terbaik Move On dari Mantan Kekasih


Jakarta, Beberapa orang mungkin pernah mengalami ditinggal pergi oleh sang kekasih karena berbagai alasan. Hal ini menurut ahli dapat menimbulkan luka emosi yang tak jarang berpengaruh juga pada fisik.

Meski teman-teman akan mencoba menghibur dan menyemangati agar bisa cepat melupakan mantan, satu pertanyaan kerap muncul 'bagaimana caranya?'

Menjawab pertanyaan tersebut studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di University of Colorado menemukan cara efektif yaitu dengan efek plasebo. Peneliti tahu setelah melakukan eksperimen pada 40 orang yang baru saja patah hati dalam waktu enam bulan terakhir.

Baca juga:

Efek plasebo sendiri adalah suatu dampak nyata yang bisa ditimbulkan hanya dari sugesti pikiran.

Peneliti senior Profesor Tor Wager mengatakan para responden dalam eksperimen diminta untuk melihat foto mantan masing-masing lalu diperiksa aktivitas otaknya. Sambil melihat foto mantan responden juga diberikan stimulus panas pada lengan dan diminta menilai rasa tidak nyamannya dalam skala satu sampai lima.

Setelah itu peneliti lalu memicu efek plasebo dengan memberikan responden semprotan hidung. Setengah responden diberi tahu bahwa semprotan itu merupakan semprotan analgesik yang bisa mengurangi luka emosi sementara setengah lainnya diberi tahu bahwa itu cairan garam biasa.

Hasilnya pada responden yang percaya mendapatkan semprotan analgesik aktivitas otak bagian periaqueductal gray (PAG) mereka lebih aktif. PAG diketahui mengatur pelepasan hormon bahagia seperti dopamine.

"Jadi Anda harus berpikir positif sehingga bisa memengaruhi aktivitas korteks prefrontal. Pada gilirannya ini akan memengaruhi sistem otak tengah untuk menghasilkan neurokimia opioid atau respons dopamin," ungkap Tor seperti dikutip dari , Kamis (27/4/2017).

Dipublikasi dalam jurnal Neuroscience, pada intinya peneliti percaya dengan cukup meyakinkan diri saja bahwa seseorang sudah move on maka dampak positifnya bisa dirasakan.

Baca juga: (fds/vit)

Source :
health.detik.com