Studi Ungkap Hobi Minum Teh Pangkas Risiko Demensia, Mau Coba?

5 days ago
Posted by news
9 views
Studi Ungkap Hobi Minum Teh Pangkas Risiko Demensia, Mau Coba?


Jakarta, Suka minum teh? Studi ungkap hal ini bisa memberikan manfaat positif bagi tubuh lho. Salah satunya adalah mengurangi risiko demensia.

Ya, menurut peneliti dari The National University of Singapore, Dr Feng Lei, minum secangkir teh setiap hari dapat secara substansial menurunkan risiko demensia hingga 50 persen.

Sementara bagi mereka yang membawa 'gen demensia', kebiasaan minum teh ini dapat memangkas kemungkinan timbulnya kondisi tersebut hingga 86 persen. Kedua efek ini juga bisa didapat dari teh hitam maupun teh hijau.

Baca juga: Bagi Nenek-nenek, Minuman Ini Bisa Lindungi Otaknya dari Pikun

Manfaat ini diduga kuat didapat dari kandungan senyawa dalam teh yakni katekin dan theaflavin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan pembuluh darah dan kerusakan akibat penuaan.

"Data dari penelitian kami menunjukkan bahwa gaya hidup sederhana seperti minum teh rutin dapat mengurangi risiko seseorang untuk mengalami demensia," tutur Lei, seperti dikutip dari Daily Mail.

Studi ini sendiri dilakukan terhadap 957 orang dewasa berusia di atas 55 tahun selama periode 12 tahun. Setiap dua tahun, fungsi kognitif para peserta studi dinilai menggunakan alat uji standar. Para peneliti juga mengumpulkan informasi tentang gaya hidup, kondisi medis dan kegiatan fisik peserta. Hasilnya pun ditemukan ada keterkaitan antara kebiasaan minum teh dan angka demensia.

Penemuan ini telah dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, Health & Aging.

Baca juga: Studi: Kandungan dalam Teh Hijau Bisa Kurangi Risiko Kanker Prostat(ajg/up)

Source :
health.detik.com