Tak Fokus, Makan Siang Sambil Nonton YouTube Bisa Bikin Gemuk

4 months ago
Posted by news
58 views
Tak Fokus, Makan Siang Sambil Nonton YouTube Bisa Bikin Gemuk


Jakarta, Tak sedikit orang yang terbiasa makan siang di meja kerja sambil menonton video, misalnya di YouTube. Meski terkesan sepele, kebiasaan seperti ini juga bisa bikin gemuk lho.

Seperti dikutip dari , makan sambil menonton video di meja kerja merupakan salah satu kebiasaan makan siang yang diyakini bisa bikin gemuk. Hal ini dikarenakan suara dari video tersebut bisa menutupi suara kunyahan Anda. Padahal suara yang muncul dari dalam tubuh saat makan juga memengaruhi rasa kenyang Anda.

Studi yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Food Quality and Preference juga menjelaskan bahwa ketika seseorang mendengar suara kunyahan makanannya, maka orang tersebut akan menjadi lebih peka terhadap porsi makanan yang sudah ia makan.



Peneliti dari Brigham Young University dan Colorado State University sebelumnya juga menuturkan bahwa suara makanan yang dihasilkan oleh proses mengunyah memiliki efek terhadap seberapa banyak makanan yang dimakan. Hal ini disebut pakar sebagai

Dari studi tersebut salah satu peneliti yang terlibat, Gina Mohr, menyarankan Anda untuk makan dalam suasana yang lebih tenang. Hindari menggunakan headphone sambil menonton video atau mendengarkan musik dengan suara terlalu kencang, karena dapat menutupi suara kunyahan Anda.

"Suara sering dianggap sebagai selera yang terlupakan, tapi jika orang bisa lebih fokus pada suara makanan, maka akan mengurangi konsumsi," imbuh peneliti Ryan Elder dari Brigham Young University, dikutip dari .

Menurut Elder, ketika Anda menutupi suara makanan, misalnya dengan suara televisi atau musik bising, Anda berpotensi untuk makan lebih banyak dari biasanya. "Mungkin dalam sehari tidak terlalu terlihat efeknya, tapi dalam seminggu, sebulan, atau setahun, perubahan pada tubuh Anda akan terlihat," ungkapnya.




(ajg/up)

Source :
health.detik.com