Tak Melulu Buruk, Asal Tepat Main Gadget Juga Positif Bagi Anak

10 months ago
Posted by news
78 views
Tak Melulu Buruk, Asal Tepat Main Gadget Juga Positif Bagi Anak


Jakarta, Main gadget saat ini lebih sering disebut memberikan dampak negatif bagi anak. Nyatanya asalkan tepat, gadget juga bisa memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembang anak.

Seperti disampaikan oleh psikolog dari TigaGenerasi, Annelia Sari Sari, MPsi, teknologi pada dasarnya seperti dua mata pisau. Jika diperlakukan tidak tepat bisa menjadi buruk, pun demikian berlaku sebaliknya.

"Kita sendiri sebagai orang tua harus sangat mengenali kelebihan dan kelemahannya, positif dan negatifnya. Semua bergantung bagaimana orang tua mengarahkannya," ujar Annelia dalam konferensi pers HiLo Drawing Competition 2017 di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).

Menurut Annelia, jika orang tua memberikan contoh dan arahan yang tepat tentang penggunaan.gadget, gadget juga bisa jadi teman yang berdampak positif. Salah satu manfaat positif tersebut adalah anak jadi lebih terbiasa memilih-milih informasi yang didapat.

Baca juga:

"Begitu juga main game, anak kan jadi dilatih mengambil keputusan tepat dan mencari sesuatu yang memang dia butuhkan," imbuh Annelia.

Selain itu, dengan memanfaatkan gadget anak juga bisa mencontoh berbagai aktivitas positif di dalamnya. Misalnya ia bermain game tentang olahraga, anak juga akan berkeinginan melakukan olahraga tersebut secara nyata.

"Tentu saja manfaat positif ini membutuhkan peran orang tua. Orang tua sebaiknya memilihkan aplikasi atau game yang memang edukatif, yang dapat membantu anak belajar menerapkan kebiasaan baik," tutur Annelia.

Baca juga:

(ajg/vit)

Source :
health.detik.com